FIK UMJ Selenggarakan Qurban dan Abdimas di Ponpes Modern Muhammadiyah Bekasi

Oleh :
Wildan Mutaqin
Suasana saat kegiatan Qurban, Sosialisasi dan Cek Kesehatan berlangsung di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Abdul Kahar Muzakir, Bekasi, pada Sabtu (1/07/2023).

Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menyelenggarakan kegiatan pemotongan hewan qurban (kurban) 1444 H dan Pengabdian Masyarakat (Abdimas) bertajuk Semangat Peduli dan Berbagi Untuk Meningkatkan Ketaqwaan di Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Muhammadiyah Abdul Kahar Muzakir Bekasi, pada Sabtu (1/07/2023).

Pembagian hewan qurban ditujukan kepada para santri dan masyarakat kurang mampu di sekitar ponpes. Selain itu, dilakukan juga abdimas berupa sosialisasi dan edukasi tentang TBC, stunting, dan bahaya seks bebas serta cek kesehatan. Sosialisasi dilakukan melalui seminar dan diskusi yang melibatkan dosen dan mahasiswa.

Baca Juga : Masjid At-Taqwa UMJ Selenggarakan Pemotongan Hewan Qurban

Rektor UMJ, Dr. Ma’mun Murod, M.Si., yang menghadiri kegiatan ini turut menyerahkan daging qurban secara simbolis kepada Bapak Nur Muchlisin, Direktur Ponpes Muhammadiyah Abdul Kahar Mudzakkir. Dalam kesempatan ini Ma’mun menyampaikan seluruh fakultas yang ada di UMJ sebaiknya bersentuhan langsung dengan masyarakat, bukan hanya di pondok pesantren saja tapi mengambil peran ke daerah untuk melaksanakan pengabdian masyarakat.

Ma’mun juga menjelaskan alasan FIK UMJ memilih lokasi di Siramur karena daerah ini merupakan cabang baru Muhammadiyah dan juga baru memiliki pondok pesantren sehingga perlu perhatian khusus. Di samping itu, Ma’mun juga menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari keberpihakan UMJ kepada cabang dan ranting Muhammadiyah, terutama untuk daerah-daerah terisolir dan terpencil.

Dekan FIK UMJ, Miciko Umeda, S.Kp.,M.Biomed., menyampaikan kegiatan pemotongan hewan qurban sudah rutin setiap tahunnya dilakukan bersama pengabdian kepada masyarakat di ponpes modern Muhammadiyah Abdul Kahar Muzakir. Miciko menambahkan tujuan kegiatan ini untuk melatih mahasiswa peduli terhadap masyarakat. “Sebagai salah satu Amal Usaha Muhammadiyah di bidang kesehatan dan bentuk wujud dari catur darma perguruan tinggi, FIK terus berupaya memberikan kontribusi nyata untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di lingkungan pondok pesantren dan memberikan edukasi bahwa kesehatan masyarakat itu sangat penting,” tegas Miciko.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Panitia Rahmat Tumijan menyampaikan apresiasi atas bantuan FIK yang telah memberikan hewan qurban untuk di distribusikan oleh Ponpes Modern Muhammadiyah Abdul Kahar Muzakir kepada masyarakat setempat.

Rahmat mengungkapkan FIK UMJ menyumbangkan hewan qurban berupa 3 ekor sapi dan 2 ekor kambing. Dengan tambahan 1 ekor sapi dari Polres Bekasi dan 1 ekor kambing dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Bekasi, sehingga terkumpul 4 sapi dan 3 kambing dan berhasil didistribusikan dengan baik, terkumpul 700 kantong sapi dan 100 kantong kambing akan didistribusikan di antaranya untuk Perumahan Mutiara Permai, Perumahan GPR, Perumahan Wahana, Perumahan Harapan Jaya, PCM Tamara, PCM Babelan, PCM Cibitung, Ranting Ciamur, Ranting Satria Mekar dan warga sekitar.

Editor : Tria Patrianti