FIK UMJ Gelar Workshop Pengembangan Item dan Tinjauan Soal

Oleh :
Kontributor KSU
Dosen FIK UMJ seusai Workshop Pengembangan Item dan Tinjauan Soal di Ruang Rapat Gedung FIK UMJ, Kamis (27/07/2023).

Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIK UMJ) menggelar Workshop Pengembangan Item dan Tinjauan Soal, di Ruang Rapat Gedung FIK UMJ, Kamis (27/07/2023). Workshop yang ditujukan bagi dosen ini bertujuan meningkatkan kemampuan dalam menyusun soal uji kompetensi agar mahasiswa mendapatkan ujian yang relevan dan berdaya guna.

Dekan FIK UMJ Miciko Umeda, S.Kp., M.Biomed., mengungkapkan rasa bangga atas semangat dan komitmen yang dimiliki oleh para dosen untuk mendukung terciptanya masa depan keperawatan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi. Pada kesempatan yang sama, Wakil Dekan I FIK UMJ, Dr. Yani Sofiani, M.Kep., Sp. KMB., memberikan pencerahan tentang UU Omnibus Law dan relevansinya dalam dunia pendidikan keperawatan.

Sementara itu, Kaprodi Pendidikan Profesi Ners FIK UMJ, Ns. Fitrian Rayasari, M.Kep., Sp.Kep.MB., menekankan pentingnya peran para dosen dalam membentuk calon perawat profesional yang handal dan berintegritas tinggi. Fitrian juga mengajak seluruh dosen untuk terus mengembangkan diri sebagai pendidik dan menjadi teladan bagi para mahasiswa.

Workshop menghadirkan Ns. Slametiningsih, M.Kep., Sp.Kep.J., sebagai narasumber utama. Para dosen diajak untuk memahami pentingnya mengaitkan soal uji kompetensi dengan tujuan pembelajaran yang jelas, sehingga pertanyaan yang diajukan benar-benar dapat mengukur kemampuan dan kompetensi mahasiswa dengan tepat.

Para peserta workshop antusias menyimak Slametiningsih mengenai strategi dan teknik dalam mengembangkan soal yang relevan dengan kurikulum dan kebutuhan dunia kesehatan. Slametiningsih juga memberikan contoh-contoh soal menantang yang dapat menguji pemahaman dan keterampilan mahasiswa secara menyeluruh.

Dosen FIK UMJ mengikuti Workshop Pengembangan Item dan Tinjauan Soal di Ruang Rapat Gedung FIK UMJ, Kamis (27/07/2023).

Dosen juga diberikan pemahaman tentang pentingnya menghindari bias dan kesalahan dalam pembuatan soal uji kompetensi. Workshop ini mengarahkan para dosen untuk bersikap kritis dan objektif dalam mengevaluasi soal-soal yang telah ada serta mengidentifikasi area perbaikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di FIK UMJ.

Tidak hanya menjadi ajang untuk meningkatkan pengetahuan, workshop juga berfungsi sebagai sarana kolaborasi dan pembelajaran Bersama. Para dosen belajar untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi maksimalnya di dunia keperawatan yang dinamis.

Peserta workshop juga diajak untuk mengembangkan kemampuan mengevaluasi soal uji kompetensi yang telah ada sebelumnya, guna memastikan bahwa pertanyaan yang diajukan benar-benar mengukur kompetensi yang diinginkan. Selain itu, para dosen juga diberikan wawasan mengenai teknik tinjauan soal yang efektif untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas soal uji kompetensi.

Workshop Pengembangan Item dan Tinjauan Soal di FIK UMJ merupakan komitmen FIK UMJ dalam menciptakan dosen berkualitas dan unggul. Oleh karenanya FIK UMJ juga akan menggelar kegiatan sejenis untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Editor: Dinar Meidiana