HIMAPOL FISIP UMJ Gelar Seminar Pendidikan Politik

Oleh :
Kevin Arami
Dr. Endang Sulastri M.Si (tengah kanan),Tia Rahmania M.Psi (tengah kiri) dan HIMAPOL FISIP UMJ saat foto bersama pada acara Seminar Pendidakpol “Menyongsong Suksesi Kepemimpinan, Hadirkan Pemilu Berintegritas dan Pemilih Cerdas” di Aula Kasman Singodimedjo FISIP UMJ Pada, Jum’at (09/06/2023).

Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik (HIMAPOL) FISIP UMJ menyelenggarakan Seminar Pendidikan Politik dengan tema “Menyongsong Suksesi Kepemimpinan, Hadirkan Pemilu Berintegritas, dan Pemilih Cerdas” di Aula Kasman Singodimedjo FISIP UMJ pada, Jum’at (09/06/2023).

Dalam acara ini dihadirkan beberapa pembicara yaitu, Kaprodi Ilmu Politik FISIP UMJ, Dr. Usni M.Si sebagai keynote speech, kemudian pembicara pertama, Tia Rahmania M.Psi selaku Ketua Banteng Muda Indonesia Banten, pembicara kedua Dr. Endang Sulastri M.Si mantan anggota KPU RI sekaligus Akademisi UMJ serta pembicara ketiga yaitu Patriot Muslim selaku ketua Bappilu PSI.

Baca juga : BEM FISIP Apresiasi Prestasi Mahasiswa melalui FISIP Award 2023

Kegiatan ini dibuka oleh Kaprodi Ilmu Politik FISIP UMJ Dr. Usni M.Si. dalam penyampaiannya ia mengatakan di acara tersebut “rendahnya partisipasi gen z hari ini dalam partisipasi politik menjadi PR besar bagi mahasiswa untuk turut serta mendorong keterlibatan aktif mereka.” Kalau mereka gak mau cape, maka politik yang akan menentukan kelak mereka akan secape apa, anak muda jangan alergi dan apatis dengan politik.” ungkap Usni.

Tia Rahmania M.Psi selaku Ketua BMI Banten juga menyampaikan dengan sudut pandang lainnya, Tia menekankan perlunya keterwakilan perempuan dalam bidang politik.

“Kita harus mendorong para perempuan ini untuk bisa memenuhi kuota 30% itu dan membuat mereka terlibat aktif dalam politik.” Ucap Tia. Tak hanya itu, Tia juga menyampaikan bahwa ” saya percaya legislator perempuan pasti bisa merumuskan kebijakan yang pro perempuan, karena hanya perempuan yang faham masalah sesama perempuan,” lanjut Tia.

Pada sesi selanjutnya, mantan anggota KPU RI sekaligus Akademisi UMJ Dr. Endang Sulastri M.Si. menyampaikan persoalan politik identitas yang tengah ramai diperbincangkan di tengah masyarakat dalam menghadapi Pemilu 2024.

“Politik identitas itu boleh-boleh saja, tidak perlu dibabat habis karena itu suatu keniscayaan. Setiap diri manusia mempunyai identitasnya masing-masing. Yang penting kita tetap harus menghargai dan menjaga prinsip demokrasi,”papar Endang.

Dr. Endang Sulastri M.Si. saat emnyampaikan materi di Aula Kasman Singodimedjo FISIP UMJ pada, Jum’at (09/06/2023).

Acara ini ditutup oleh materi “pemilih cerdas” yang dibawakan oleh Patriot Muslim, ketua Bappilu PSI. Oot sapaan akrabnya, menyampaikan pesan kepada Himapol FISIP UMJ.

“Kalau kalian nanti turun ke masyarakat, kalian harus perhatian beberapa hal ditengah-tengah masyarakat, dari realita yang terjadi di masyarakat, ada hal yang perlu diperhatikan sebagai bentuk kepekaan dan independensi kita sebagai salah satu yang bertanggung jawab dalam memberikan Pendidikan politik, bukan hanya Partai saja yang harus melakukan hal tersebut, namun dari semua golongan masyarakat perlu dihadirkannya pendidikan politik. Perlu diingatkan untuk kita semua, agar bisa memberikan Pendidikan politik dari tingkat negara dan bangsa sampai ketingkat terkecil yaitu keluarga dan invidivu masing-masing serta memperkuat kepekaan politik terhadap Gen Z,” papar Oot.

Editor : Budiman

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/