Mahasiswa UMJ Sabet Juara di Silat APIK PTMA 2022

Oleh :
Dinar Meidiana
Dr. Oktavia Purnamasari, M.Si., dan lima mahasiswa delegasi dalam Silaturahmi Nasional Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (SILAT APIK PTMA), di Umsida, Selasa (20/12).

Tiga mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ) sabet juara Best Presenter dalam kegiatan Youth Communication Day. Juara Best Presenter berhasil diraih oleh Achmad Rayhan, Mohammad Ya’isy Ghifari dan David Pamungkas.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari acara Silaturahmi Nasional Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (SILAT APIK PTMA), di Universitas Muhammadiyah Sidoardjo, 19-20 Desember 2022. Dalam rangkaian kegiatan yang mengusung tema The Challenge Digital Communication In the New Normal Era, UMJ berhasil meraih Juara Harapan 2 Lomba Public Relations oleh David Pamungkas dan Juara Harapan 2 Lomba Fotografi oleh Mohammad Ya’isy Ghifar.

Ketiga mahasiswa tersebut saat diwawancara melalui sambungan telepon, mengungkapkan rasa senang dan bangga karena bisa bergabung dan mengikuti rangkaian Silat APIK PTMA 2022. Mohammad Ya’isy Ghifari, mengatakan bahwa kegiatan yang diikutinya selama dua hari sangat bermanfaat karena selain menambah ilmu juga jadi ajang silaturahmi dan studi banding. “Dengan ada workshop dan dilombakan, kami bisa lihat teman-teman dari UM (Universitas Muhammadiyah) lain. Bisa jadi bahan evaluasi buat kami,” kata Yais.

Berbeda dengan David Pamungkas yang mengaku mendapat pengalaman luar biasa karena bertemu dengan dosen Ilmu Komunikasi dari berbagai kampus PTMA. David mendapatkan pengalaman sangat berharga, terutama yang berkaitan dengan etika kerja sebagai Public Relations.

Melalui pencapaian prestasi tersebut, Achmad Rayhan mengaku mendapat pengalaman baru dari workshop kategori News Anchor, karena bukan bidangnya. Rayhan juga secara khusus mengajak mahasiswa lainnya terutama mahasiswa baru untuk aktif mengikuti forum sejenis, dan tidak takut untuk mencoba hal baru.

Pencapaian prestasi tersebut tidak lepas dari peran dosen dan program studi yang sangat mendukung proses persiapan hingga kompetisi. David mengatakan pihak kampus terutama program studi sangat memfasilitasi mahasiswa, terutama saat menyusun makalah. Dosen-dosen pembimbing sangat membantu, banyak memberikan masukan, serta kooperatif.

“Prestasi yang membanggakan ini tak luput dari kerja keras mahasiswa dan para dosen pembimbing. Seminggu sebelumnya mereka secara intens menyiapkan artikel bersama para dospem masing-masing. Kami juga melakukan seleksi sebelum mengajukan mahasiswa untuk ikut kompetisi ini,” kata Kaprodi Ilkom UMJ Dr. Oktaviana Purnamasari, M.Si.

Pada kesempatan wawancara, ketiga mahasiswa secara khusus menyampaikan ucapan terima kasih pada para dosen pembimbing, yaitu , Winda Dwi Astuti Zebua, M.Si. dan Jamiati KN., M.Ikom. Setelah kompetisi ini, David, Ya’isy, dan Rayhan berharap bisa meraih prestasi lain dan dapat menularkan semangat kepada teman-teman mahasiswa.

Kompetisi ini diikuti oleh 23 perguruan tinggi. Dalam kesempatan ini Prodi Ilkom UMJ mengirimkan 5 orang mahasiswa dan 1 orang dosen. Meskipun tidak sebanyak kontingen dari PTM lainnya, namun prestasi yang membanggakan berhasil diraih oleh mahasiswa UMJ. (DN/KSU)

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/