FKK UMJ Peduli Stunting

Oleh :
Mamay Nurbayani
Dr. dr. Muhammad Fachri, Sp.P.,FAPSR.,FISR., saat memberikan sambutan, pada Jumat (16/12).

Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) bersama Asosiasi Fakultas Kedokteran Swasta Indonesia (AFKSI) mengadakan webinar dengan tema “Menuju Indonesia Zero Stunting” (16/12). Dekan FKK UMJ Dr. dr. Muhammad Fachri, Sp.P.,FAPSR.,FISR., menyampaikan bahwa seminar diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian UMJ dan AFKSI terhadap angka stunting di Indonesia yang masih tinggi.

Pada kesempatan tersebut, Fachri menjelaskan acara ini menghadirkan 3 pemateri yang kompeten pada bidangnya dengan membahas tentang tata laksana stunting, terutama dalam layanan primer. “Kita masih perlu kampanyekan terus untuk membebaskan Indonesia dari stunting dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menambah wawasan terkait stunting,” jelas Fachri.

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dr. Muhammad Adib Khumaidi, Sp. OT., hadir untuk menyampaikan materi yang berjudul Etika Kedokteran Dalam Pelayanan Anak. Selain itu, Dosen FKK UMJ dr. Meita Dwi Utami, M.Sc., Sp.A. memaparkan materi “Stunting dan Masalah Kesehatan di Indonesia”. Sementara materi Tatalaksana Stunting di Layanan Primer dipaparkan oleh dr. Yoga Devaera, Sp.A. yang berprofesi sebagai Konsultan Gizi dan Penyakit Metabolik Anak Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI).

Peserta seminar FKK UMJ dengan tema Menuju Indonesia Zero Stunting, melalui zoom meeting, pada Jumat (16/12).

Dr. Rahma Ayu Larasati M.Biomed., selaku ketua pelaksana, melaporkan jumlah peserta sebanyak 307 terdiri dari mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, dan alumni FKK UMJ. “FKK UMJ mengambil peran dalam salah satu program pemerintah ini untuk mengkampanyekan proses perubahan pemahaman dan perilaku dalam stunting,” tutur Rahma.

Menyelaraskan PP Aisyiyah yang menerima penghargaan dari Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) atas dukungan, komitmen, dan partisipasi dalam layanan intervensi spesifik dan sensitif sebagai upaya percepatan penurunan stunting, Rahma berkomitmen bahwa UMJ yang merupakan amal usaha Muhammadiyah akan terus mengusahakan dalam membantu mendorong perubahan perilaku masyarakat terkait kesehatan ibu dan anak dalam kasus stunting. (MN/KSU)

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/