Produser Senior Al Jazeera Hadir di Kuliah Umum Prodi Ilmu Komunikasi UMJ

Oleh :
Qithfirul Fahmi
Produser Senior AlJazeera Drew Ambrose, saat menjadi pemateri di Kuliah Umum Internasional, di Auditorium FISIP, Selasa (25/10/2022).

Selasa (25/10), Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ) mendatangkan Produser Senior Al Jazeera Drew Ambrose, dalam Kuliah Umum Internasional yang bertajuk Al Jazeera and The Global Media Landscape. Agenda dihadiri oleh Wakil Dekan II Djoni Gunanto, S.IP., M.Si., Wakil Dekan III Dr. Fal. Harmonis, M.Si., dan Ketua Program Studi Komunikasi Dr. Oktaviana Purnamasari, M.Si., serta diikuti oleh kurang lebih 170 sivitas akademika secara hybrid, di Auditorium FISIP.

Dalam sambutannya, Djoni Gunanto mengatakan Kuliah Umum Internasional ini menjadi salah satu agenda untuk memperkaya wawasan mahasiswa. Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa media berperan penting di dalam kehidupan era globalisasi, sehingga diharapkan hadirnya media Al Jazeera dapat membantu perkembangan media yang lebih proporsional di berbagai bidang, khususnya yang sensitif seperti agama.

Drew Ambrose menyampaikan kiat-kiat pembuatan video dokumenter yang baik. Menurutnya, salah satu aspek pembuatan video yang baik adalah memahami isu atau persoalan penting yang ada di masyarakat yang memiliki karakter kuat dan bisa mempengaruhi setiap khalayak di seluruh dunia.

Lebih lanjut, Drew menjelaskan perbedaan video untuk film dan video untuk dokumenter di platform media sosial seperti instagram, twitter, facebook dan sebagainya. Menurutnya dokumenter berbentuk sederhana saja sudah cukup baik. Di akhir paparannya, Drew yang pernah membuat film dokumenter di beberapa wilayah Indonesia, seperti Papua, Sulawesi, Aceh, juga menayangkan beberapa video dokumenter terkait.

Kehadiran Drew dalam Kuliah Umum Internasional di UMJ kali ini memberikan kesan yang menarik baginya dan ia berterima kasih kepada pimpinan, penyelenggara, dan peserta. “Fakultas yang saya datangi kali ini hebat, hari ini saya senang sekali memberikan cara-cara sebagai wartawan kepada mahasiswa,” tutur Drew.

Drew juga menyarankan salah satu video dokumenter favoritnya, yaitu Collective. Menurutnya, film tersebut sangat bagus, yang mengenai surat kabar di Romawi dan kejahatan yang dilakukan oleh pemerintah. Selain itu, ada juga terkait dokumenter Papua yaitu Indonesia to deploy more trops to trubled papua region, yang dapat dijadikan referensi untuk wartawan.

Al Jazeera adalah stasiun berita global yang berbasis di Doha, Qatar. Kehadirannya sangat fenomenal pasca peristiwa 11 September 2001 melalui berbagai laporan investigasi. Saat ini, Al Jazeera merupakan salah satu sumber informasi dunia melalui berbagai platform saluran berita yang dikembangkan untuk komunitas internasional.

Dalam kuliah umum internasional tersebut juga dilakukan peluncuran situs resmi Prodi Ilmu Komunikasi UMJ. Kaprodi Ilmu Komunikasi Oktaviana Purnamasari menyampaikan bahwa situs ini merupakan wadah penuangan kreativitas Prodi Ilmu Komunikasi. (QF/KSU)