UMJ Bersinergi dengan IKALUM untuk Raih Akreditasi Unggul

Oleh :
KSU UMJ Editor
Rektor UMJ, Dr. Ma’mun Murod, M.Si., secara simbolis menyerahkan bendera IKALUM UMJ kepada Ketua Umum Badan Pengurus Harian IKALUM UMJ periode 2019-2023, Ir. H. Deddy Harsono, MBA., pada Senin (06/06).

Ikatan Alumni Universitas Muhammadiyah Jakarta (IKALUM UMJ) selenggarakan pengukuhan pengurus baru periode 2019-2023 bertajuk “Meningkatkan Sinergisitas IKALUM dan UMJ” bertempat di Auditorium lantai 5 (lima) Gedung Fakultas Kedokteran dan Kesehatan UMJ, pada Senin (06/06/22).

Pengukuhan yang semestinya dilaksanakan pada tahun 2019 tertunda karena pandemi Covid 19. Turut hadir pada acara pengukuhan ini diantaranya Rektor UMJ, Dr. Ma’mun murod, M.Si., Wakil Rektor II, III dan IV, Wakil Ketua PWM DKI, Supriadi Kasim, S.Ag, Anggota BPH UMJ, Drs. Ateng, serta Ketua dan Sekretaris IKALUM di lingkungan UMJ.

Berdasarkan Surat Keputusan yang dibacakan oleh Warek IV, Dr. Septa Candra, SH., MH., dinyatakan bahwa Ir. H. Deddy Harsono, MBA., dikukuhkan sebagai Ketua Umum Badan Pengurus Harian IKALUM UMJ periode 2019-2023.

Rektor UMJ, Dr. Ma’mun Murod, M.Si., pada sambutannya menyampaikan kepada Pengurus IKALUM UMJ yang telah dikukuhkan agar bisa membangun sinergitas antara universitas dan IKALUM. “Peran alumni dalam perkembangan universitas adalah suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, karena alumni akan menjadi tolak ukur keberhasilan universitas dalam mendidik mahasiswanya, maka dari itu pimpinan UMJ akan terbuka untuk menerima masukan-masukan yang membangun untuk universitas”, ungkap Ma’mun.

Selaras dengan Rektor UMJ, Ketua Ir. Deddy Harsono, MBA., selaku Ketua Umum Badan Pengurus Harian IKALUM UMJ periode 2019-2023 menyampaikan persetujuannya akan adanya sinergi IKALUM dengan universitas karena peranan alumni di perguruan tinggi memiliki andil dalam perkembangannya. Ia menyampaikan rencana sinergi antara IKALUM dengan UMJ untuk meningkatkan soft skill para calon lulusan UMJ agar memiliki daya saing ketika lulus dari UMJ.

“Saya menyoroti perkembangan teknologi sampai saat ini dan bila terwujud rencana Presiden Indonesia pada tahun 2040, Indonesia akan banyak mengurangi peran manusia dalam bekerja fisik dan akan digantikan dengan artificial intelligence (AI), maka perlu peranan alumni untuk memberikan pengalaman dan melatih soft skills pada calon lulusan dengan magang di perusahaan besar agar memiliki pengalaman di dunia pekerjaan”, ujar Deddy.

Ia juga menyampaikan keinginannya untuk membantu UMJ agar berkembang lebih cepat, ia memaparkan hasil diskusinya dengan Rektor UMJ untuk membantu percepatan Akreditasi Unggul UMJ pada tahun 2023. “Tentunya kami akan membantu apa yang dibutuhkan UMJ, pertama-tama kami akan membangun ikatan dengan alumni dari Sabang sampai Marauke untuk dapat membangun kembali komunikasi yang sudah lama terputus, lalu akan kami gabungkan dalam forum untuk dapat membantu UMJ dalam peningkatan kualitas alumni”, jelas Deddy.