3 Mahasiswi UMJ Terpilih Menjadi Delegasi Program The 5th Istanbul Youth Summit 2022 di Turki

Oleh :
KSU UMJ Editor
3 Mahasiswi yang Terpilih Mengikuti Program The 5th Instanbul Youth Summit di Turki, Bersama Wakil Rektor II Dr. Mutmainah, MM., Wakil Rektor IV Dr. Septa Chandra, SH., MH., dan Kepala Kantor Urusan Internasional UMJ (08/02/22). (Foto: Dok.UMJ)

The 5th Istanbul Youth Summit (IYS) 2022 merupakan Konferensi Tingkat Internasional (KTI) kelima yang diselenggarakan oleh Yayasan Youth Break the Boundaries (YBB) di Istanbul, Turki. KTI ini digagas untuk mendorong para pemimpin masa depan. IYS 2022 ini mengangkat tema “Respons Rancangan Pembangunan Pemuda dalam Pemulihan Krisis”.

Program ini bertujuan untuk mengasah semangat para pemimpin muda berbakat di berbagai bidang, membangun karakter kepemimpinan pemuda dan membangun eksistensi pemuda di kancah internasional.

Pada IYS 2022 ini, 3 (tiga) mahasiswi UMJ masing-masing bernama Julita Nurhaliza, Maulida Nurul Izzah dan Nurwulandari turut menjadi peserta dalam ajang internasional tahunan tersebut yang diselenggarakan dari Senin (14/02/2022) sampai Kamis (17/02/2022) nanti. Namun, 3 (tiga) mahasiswi yang semuanya berasal dari Fakultas Hukum UMJ ini akan berangkat esok hari.

Ketiga mahasiswi ini mendapat dukungan dari pimpinan UMJ. Sebelum keberangkatan, pada Selasa (08/02/2022) siang, di ruang Wakil Rektor IV ketiga mahasiswi tersebut bertemu dengan pimpinan UMJ antara lain Wakil Rektor II Dr. Mutmainah, MM., Wakil Rektor IV Dr. Septa Chandra, SH., MH., dan Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) UMJ Endang Zakaria, MH.

Pada kesempatan tersebut Julita Nurhaliza menyampaikan motivasinya ikut dalam ajang internasional tersebut. “Saya ikut ini untuk mencari pengalaman dan wawasan internasional,” ujar Julita Nurhaliza.

“Ini suatu hal yang harus ditularkan ke teman-teman dan ke depan cari lagi bentuk kreativitas yang lain. Ini juga awal untuk go internasional,” demikian pesan Muthmainnah kepada ketiga mahasiswi tersebut.

Warek II ini juga mengharapkan agar di sana (Istanbul, red) ketiganya dapat memberikan kontribusi kepada tim, tidak pasif tapi aktif sehingga membawa nama baik UMJ. “Di sana berikan contoh baik bagaimana bersikap dan berbicara,” pesannya lagi.

Di mata Kepala KUI UMJ, keberangkatan ketiga mahasiswi ini merupakan suatu kebanggaan. “Luar biasa mahasiswa kita bisa ke Eropa. Ini prestasi yang membanggakan,” katanya.

Sebagai Kepala KUI UMJ, UMJ sedang mencari bibit untuk program pertukaran mahasiswa ke luar negeri Endang berharap ketiganya adalah bibit yang sedang dicari itu. Ia juga berpesan agar tidak hanya menjaga nama baik UMJ tapi juga Muhammadiyah dan Indonesia. “Kalian ini akan menjadi duta Indonesia, duta Muhammadiyah dan duta UMJ sekaligus,” pesannya.

Seirama dengan Endang Zakaria, Warek IV juga menyampaikan rasa bangganya kepada mahasiswi tersebu, katanya, “Kami secara institusi sangat bangga untuk melepas keberangkatan adik-adik semua mengikuti program tersebut.” “Atas nama pimpinan saya ucapkan selamat dan sedapat mungkin aktif dalam kegiatan, jaga etika dan setelah pulang bangun relasi internasional,” demikian pesan Warek IV sebelum menutup sesi pertemuan itu. (KSU/MZ)