UMJ Perkuat Kerja Sama dengan Yangzhou Polytechnic Institute China

Oleh :
Endang Zakaria KKUI
UMJ Perkuat Kerjasama dengan Yangzhou Polytechnic Institute (YPI) - China
Rektor UMJ Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si., didampingi Dekan Fakultas Teknik Ir. Irfan Purnawan, ST., M.Chem.Eng., dan Kepala Kantor Kerjasama dan Urusan Internasional (KKUI) Endang Zakaria, MH., di YPI, Yangzhou, China, Senin (28/08/2023).

Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si., mengunjungi Yangzhou Polytechnic Institute (YPI) China, Senin (28/08/2023). Kunjungan dilakukan dalam rangka memperkuat kerja sama antara UMJ dan YPI.

Baca juga : UMJ Teken MoU dengan Yangzhou Polythecnic Institute

Rektor YPI, Prof. Ni Yonghong, yang menyambut langsung rombongan, dalam sambutannya menyampaikan bahwa YPI sangat terbuka dalam kerja sama dengan sekolah dan perguruan tinggi dari berbagai negara, terutama dalam pengembangan teknologi dan penerimaan mahasiswa internasional. Ni Yonghong mengatakan bahwa YPI siap memberikan pelatihan pada perguruan tinggi lain dalam bidang teknologi, terutama teknologi terapan.

YPI memiliki workshop dan laboratorium yang peralatannya terus berkembang dan inovatif. Saat ini di YPI ada 400 mahasiswa internasional dari berbagai negara, bahkan mahasiswa dari Indonesia terus meningkat setiap tahun.

Menanggapi sambutan baik dari Rektor YPI, Ma’mun menyampaikan apresiasinya atas kerja sama yang telah berjalan baik antara UMJ dengan YPI. Menurut Ma’mun kerjasama tersebut sangat konkrit. Hal itu ditunjukkan dengan adanya bantuan dana dari YPI dalam pengembangan 3 laboratorium Fakultas Teknik UMJ. Bahkan YPI juga memberikan bantuan 21 jenis peralatan untuk Lab. Teknik Kimia, 2 jenis peralatan untuk Lab. Teknik Elektro, dan 5 jenis peralatan untuk Lab. Teknik Kimia.

Ma’mun juga menyoroti fasilitas laboratorium di YPI yang memiliki peralatan sangat mutakhir dan aplikatif, sehingga menarik minat mahasiswa bukan hanya dari China, tapi juga dari berbagai negara lain untuk belajar teknologi di YPI.

“Kunjungan ke YPI merupakan implementasi MoU antara UMJ dengan YPI, untuk melihat dan mempelajari lebih dalam mengenai teknologi dan pembelajaran yang diterapkan di YPI. Saya berharap ini dapat direalisasikan dalam waktu dekat di FT UMJ untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa kita,” ungkap Ma’mun.

Dalam kunjungan tersebut, Rektor UMJ didampingi oleh Dekan Fakultas Teknik Ir. Irfan Purnawan, ST. M.Chem.Eng., dan Kepala Kantor Kerjasama dan Urusan Internasional (KKUI), Endang Zakaria, MH.

“Program Luban Workshop dari Pemerintah China, melalui YPI, memberikan hibah peralatan untuk mempersiapkan Training Center di Fakultas Teknik UMJ untuk bidang Teknik Mesin dan Teknik Kimia. Ada juga hibah dana untuk persiapan ruangan dan utilitasnya,” jelas Dekan FT UMJ,  Irfan Purnawan. Agenda kunjungan UMJ ke YPI kali ini dilakukan bersama Yayasan Adiluhung dan APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten seluruh Indonesia). Rombongan beranggotakan 14 orang in diketuai oleh Dr. Yaya Sutarya, mantan Atase Pendidikan Indonesia di China, dan mengunjungi beberapa laboratorium YPI, seperti artificial intelligence, e-commerce, digital marketing, product design, teknologi otomasi listrik, dan mechanical manufacturing.


Editor : Tria Patrianti

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/