Prof. Andry Priharta Sampaikan Orasi Ilmiah Atasi Kecurangan Laporan Keuangan

Oleh :
Fazri Maulana
Prof. Dr. Andry Priharta, SE., MM., menyampaikan orasi ilmiah saat pengukuhan guru besarnya pada Rabu (6/3/2024) di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMJ.
Prof. Dr. Andry Priharta, SE., MM., menyampaikan orasi ilmiah saat pengukuhan guru besarnya di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMJ, Rabu (6/3/2024). (Foto : KSU/M.H Fahmi)

Prof. Dr. Andry Priharta, SE., MM., resmi dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Keuangan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jakarta (FEB UMJ) usai menjalani upacara pengukuhan dan orasi ilmiah, pada Rabu (6/3/2024) di Aula FEB UMJ.

Baca juga : Dua Dosen FEB UMJ Dikukuhkan Jadi Guru Besar

Dalam orasi ilmiahnya yang berjudul “Corporate Culture dan Corporate Governance: Upaya Mewujudkan Integritas Laporan Keuangan”. Prof. Andry membahas fenomena praktik bisnis korporasi yang seringkali terdapat manipulasi dan praktik ketidak jujuran dalam laporan keuangan untuk mencapai tujuan individu maupun organisasi.

Laporan keuangan yang tidak berintegritas disebabkan oleh kecurangan akuntansi atau disebut earnings management – fraudulent accounting. Andry mengatakan bahwa saat ini penelitian tentang laporan keuangan tidak lagi meneliti terhadap angka-angka, namun terhadap etika dan moral manusia dalam pelaporan keuangan.

Andry menawarkan dua konsep untuk mewujudkan laporan keuangan yang berintegritas dengan mewujudkan sistem Corporate Culture dan Corporate Governance.

Budaya yang kuat akan membentuk perilaku dan integritas dari setiap individunya. Corporate culture menjadi panduan bagi sebuah perusahaan berisi nilai dan moral yang harus dijalankan.

Andry mengatakan Islam mempunyai Corporate culture yang bisa dijadikan standar dan panduan berdasarkan sifat yang dimiliki Rasululullah yaitu Shidiq, Istiqomah, Fathonah, Amanah, dan Tabligh.

Kemudian, konsep Corporate Governance memiliki standar seperti Transparansi, Akuntabilitas, Responsibilitas, Indepedensi, dan Keadilan.

Andry mengungkapkan Integritas laporan keuangan dapat terwujud melalui tata kelola yang baik dengan didukung budaya yang kuat. Dua konsep tersebut perlu menjadi nilai utama yang membudaya di sebuah organisasi.

Prof. Andry ditetapkan sebagai Guru Besar berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 66875/M/07/2023 Tentang Kenaikan Jabatan Akademik Dosen dengan angka kredit sebesar 922.

Editor : Dian Fauzalia

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/