Kajian Rutin LPP-AIK UMJ Bahas Isi Kandungan Surah Al-Hadid

Oleh :
Fazri Maulana
Kajian Rutin LPP-AIK UMJ Bahas Isi Kandungan Surah Al-Hadid
Dr. Adi Mansah, M.Ag., saat kajian di Masjid At-Taqwa, Jumat (08/03/2024).(Foto : KSU/Fachrul)

Lembaga Pengkaji dan Penerapan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (LPP-AIK) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) mengadakan kajian rutin untuk civitas akademika UMJ. Kajian kali ini membahas isi kandungan surat Al-Hadid ayat 1 hingga 19, di Masjid At-Taqwa, pada Jumat (08/03/2024).

Baca juga : LPP AIK : Al-Quran Sebagai Pembelajaran Bagi Manusia

Pengkajian yang dipimpin oleh Dr. Adi Mansah, M.Ag., menjelaskan bahwa surah ini memiliki banyak kandungan yang mengajarkan manusia untuk mengetahui kebesaran Allah Swt, perintah bertakwa hingga balasan amal perbuatan.

Adi Mansah membuka dengan menjelaskan ayat 1-6 tentang kebesaran Allah Swt. Adi menegaskan bahwa apa yang terjadi di alam semesta, semuanya merupakan kehendak Allah yang mutlak.

Allah menggambarkan tentang keagungan dan kemuliaanNya, serta keluasan kekuasaanNya, bahwa “Semua yang berada di langit dan yang berada di bumi, dari makhluk yang dapat berbicara hingga yang tidak dapat berbicara, dan juga benda-benda padat, bertasbih memuji Rabbnya dan menyucikanNya dari segala sesuatu yang tidak pantas bagiNya,” ungkap Adi menjelaskan isi kandungan diawal ayat Surat Al-Hadid.

Selain itu, Adi juga mengatakan bahwa surah Al-Hadid juga mengajarkan manusia untuk bersedekah. Dalam momentum menyambut bulan Ramadhan, Adi mengajak civitas akademika UMJ untuk menyisihkan sebagian hartanya. Ia mengatakan bahwa apapun yang dilakukan oleh manusia akan mendapat ganjaran yang setimpal oleh Allah SWT.

Editor : Dian Fauzalia

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/