FKK UMJ Jadi Contoh Pendirian Fasilitas OSCE dan CBT UNIMAR

Oleh :
Fazri Maulana
FKK UMJ Jadi Contoh Pendirian Fasilitas OSCE dan CBT UNIMAR
Rektor UNIMAR apt. Drs. Jaka Supriyanta, M.Farm., (Kanan Dari Tengah), Wakil Rektor I Muhammad Hadi, S.Kp., M. Kep., (kiri dari tengah), dan Dekan FKK UMJ Dr. dr. Tri Ariguntar Wikaningtyas, Sp. PK., (Kedua Dari Kiri Tengah) saat berdialog di Ruang Rapat FKK UMJ, Rabu (17/1/24). (Foto : KSU/Fazri Maulana)

Fakultas Kesehatan dan Kedokteran Universitas Muhammadiyah Jakarta (FKK UMJ) menerima kunjungan Universitas Muhammadiyah A.R. Fachruddin Tangerang (UNIMAR), di Ruang Rapat FKK UMJ, Rabu (17/1/24).  UNIMAR menjadikan FKK UMJ sebagai referensi pendirian fasilitas Objective Structured Clinical Examination (OSCE) dan Laboratorium Computer Based Test (CBT) untuk Profesi Pendidikan Apoteker.

Baca juga : Kunjungan Kedua, UM Kendari Tindak Lanjuti Kerja Sama Dengan FKK UMJ

FKK UMJ sudah memiliki fasilitas Objective Structured Clinical Examination (OSCE) dan Laboratorium Computer Based Test (CBT) berstandar nasional dibutuhkan untuk melakukan ujian pendidikan kedokteran, bidan, keperawatan, hingga apoteker.

Rektor UNIMAR apt. Drs. Jaka Supriyanta, M.Farm., menyampaikan bahwa kunjungan ini dilakukan untuk pemenuhan persyaratan pengajuan pembukaan profesi pendidikan apoteker yang membutuhkan fasilitas OSCE dan Lab CBT.

“Kunjungan ini sebagai penjajakan kerja sama untuk pendirian fasilitas OSCE dan Lab. CBT. Hal itu, sebagai persyaratan pendirian Profesi Pendidikan Apoteker,” ungkap Jaka.

Lebih lanjut, Jaka berharap selama UNIMAR belum mempunyai kedua fasilitas tersebut, FKK UMJ dapat berkenan melakukan kerja sama dalam memberikan peminjaman kedua fasilitas itu untuk kebutuhan Pendidikan Profesi Apoteker. Menurutnya fasilitas OSCE dan Lab. CBT milik FKK UMJ sudah baik karena terstandar nasional.

Kedatangan Rektor UNIMAR beserta rombongan disambut oleh Wakil Rektor I UMJ Muhammad Hadi, S.Kp., M. Kep., didampingi oleh Dekan FKK UMJ Dr. dr. Tri Ariguntar Wikaningtyas, Sp. PK., dan jajarannya. Tri menjelaskan FKK UMJ bersedia melakukan kerja sama dengan UNIMAR dalam rangka memberikan peminjaman fasilitas OSCE dan Lab. CBT untuk kebutuhan pendirian Pendidikan Profesi Apoteker.

“Kami berharap UNIMAR dapat segera mendirikan kedua fasilitas tersebut. Namun, kami juga memberikan kesempatan UNIMAR menggunakan bersama untuk kebutuhan Pendidikan Profesi Apoteker,” tutur Tri.

Usai berdialog, Rektor UNIMAR beserta rombongan didampingi Dekan FKK UMJ meninjau langsung fasilitas yang dimiliki oleh Fakultas Kesehatan dan Kedokteran UMJ. Selain meninjau OSCE dan Lab. CBT, rombongan juga keliling Gedung FKK UMJ.

Editor : Dinar Meidiana