UMJ Berangkatkan Dua Kelompok Usaha Mahasiswa pada KMI Expo XIV 2023

Oleh :
Fazri Maulana
UMJ Berangkatkan Dua Kelompok Usaha Mahasiswa pada KMI Expo XIV 2023
Wakil Rektor IV Dr. Septa Candra, SH.MH (tengah) bersama dengan dua kelompok peserta KMI Expo dan Award XIV 2023 di dampingi oleh pembina kelompok Dessy Iriani Putri, S.P., M.Si (kedua dari kanan) dan Lorenta In Haryanto., S.E., MSc (kiri), Senin (13/11/23). (Foto : KSU/Alvin Lazuardy)

Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) berangkatkan dua kelompok usaha mahasiswa mengikuti Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo dan Award XIV 2023 yang dilaksanakan di Universitas Pendidikan Ganesha, Bali, (15-17/11/23). Pelepasan kedua kelompok itu dilakukan oleh Wakil Rektor IV Dr. Septa Candra SH., MH., di Lobby Rektorat, Senin (13/11/23).

Baca juga : Kelompok Usaha Mahasiswa UMJ Lolos Ajang KMI Expo dan Award 2023 di Bali

Kedua kelompok yang dinyatakan lolos sebagai Produk Utama untuk mengikuti KMI Award adalah kategori Industri kreatif, seni, budaya, dan pariwisata dengan usaha Jatropha Paper Soap yakni Shaffikri Muthi (FTan), Evita Sri Delfanti (FTan), Anisa Halimatu Saidah (FTan), Siti Alisah (FEB), dan Anisa Pitriani (FTan).

Kemudian, kelompok kedua kategori jasa dan perdagangan dengan usaha tabungan aqiqah hasanah yakni Arild Sadewo Wifrandi (FTan), Abdul Hamid (FTan) danan Muhammad Ardika Pangestu (Ftan).

Mahasiswa UMJ tersebut merupakan kelompok yang berhasil lolos pendanaan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW). Sebelumnya, mereka telah mengikuti beberapa tahap seleksi.

Tahap I seleksi berupa pengumpulan proposal yang ditinjau oleh internal UMJ untuk dilakukan seleksi yang berhak didaftarkan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Belmawa Kemendikbudristek).  

Selanjutnya, Tahap Penilaian Kemajuan Pelaksanaan (PKP) P2MW oleh panitia dari Kementerian Kemendikbudristek.

Kegiatan yang merupakan kompetensi tahunan mahasiswa wirausaha ini adalah tempat bertemunya wirausaha mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk saling berkompetisi, mengenalkan produknya, membangun jejaring dan apresiasi kepada usaha mahasiswa pelaksana P2MW.

Kepala Unit Pelayan Teknis Pusat Inkubator Bisnis dan Kewirausahaan (UPT PIBK UMJ) Dessy Iriani Putri, S.P., M.Si., mengaku senang dengan capaian lolos dalam KMI Expo dan KMI Award. Menurutnya, mahasiswa telah melewati tahap seleksi yang ketat dari Kemendikbud Ristek.

Selain itu, Dessy mengungkapkan harapannya, agar mahasiswa bisa maksimal dalam mempresentasikan produk.

“Banyak sekali komponen penilaian yang dilakukan, mulai dari display produk, bazar, dan kreativitas usaha. Saya berharap dua kelompok tersebut bisa maksimal menampilkan produknya,” ungkap Dessy saat ditemui diruangannya, Senin (13/11/2023).

Dalam sesi lain,  Anisa Halimatu Saidah salah satu kelompok jenis usaha jatropha mengaku dirinya sangat senang terpilih untuk mengikuti KMI Expo dan KMI Award XIV 2023. Menurutnya, ini merupakan kesempatan yang tak banyak orang dapatkan.

“Semoga kami dapat membanggakan UMJ dan nantinya usaha kami dapat berkembang,” ungkapnya.

Editor : Budiman

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/