PDM Kab. Bogor Akan Gelar Peneguhan Ideopolitor

Oleh :
Dinar Meidiana
PDM Kab. Bogor Akan Gelar Peneguhan Ideopolitor
Djoni Gunanto, S.IP., M.Si.,(tengah) saat diskusi bersama anggota pengurus LHKP dan MHH PDM Kab. Bogor di Pelita Desa, Sabtu (11/11/2023). (Foto : Dok.Pribadi)

Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Bogor akan menggelar Peneguhan Ideopolitor bagi pengurus mulai dari ranting hingga daerah. Wakil Ketua PDM Kab, Bogor Djoni Gunanto, S.IP., M.Si., mewajibkan pada seluruh pengurus agar mengikuti Ideopollitor. Hal ini disampaikan di sela-sela Rapat Kerja Pimpinan Cabang Muhammadiyah Ciseeng di Pelita Desa, Sabtu (11/11/2023).

Baca juga : Dosen FISIP UMJ Terpilih sebagai 13 Formatur PDM Kab. Bogor

“Semua wajib mengikuti Ideopolitor. Kita akan hadirkan narasumber dari PP Muhammadiyah dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dalam Ideopolitor. Semua (pengurus) wajib hadir pada 14 November nanti,” tegas Djoni yang juga merupakan Wakil Dekan II Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ).

Ideopolitor merupakan program unggulan Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik PP Muhammadiyah yang dilaksanakan mulai dari tingkat Pimpinan Pusat hingga Pimpinan Ranting Muhammadiyah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam berorganisasi. Diketahui PDM Kab. Bogor akan menggelar Pengukuhan Majelis dan Lembaga, PCM dan PCA se-Kabupaten Bogor sekaligus Peneguhan Ideopolitor di Aula Tegar Beriman Pemda Kab. Bogor, 14 Desember 2023 mendatang.

“Kedua kegiatan tersebut dilakukan bersamaan salah satunya untuk mengkonsolidasikan kekuatan Muhammadiyah dan Aisyiyah se-Kabupaten Bogor,” ungkap Wakil Ketua PDM Kab. Bogor yang membawahi LHKP dan Majelis Hukum dan HAM ini.

Djoni Gunanto, S.IP., M.Si., (trengah) bersama pengurus LHKP dan MHH PDM Kab. Bogor, di Pelita Desa, Sabtu (11/11/2023).

Menurutnya, kader Muhammadiyah yang berkiprah menjadi pengurus baik tingkat ranting, cabang, maupun daerah, penting mengikuti Ideopolitor agar tertib dalam menjalankan organisasi. Djoni menghimbau agar ada pembenahan keorganisasian di lingkungan ranting dan cabang se-kabupaten, termasuk pelaksanaan rapat kerja yang sangat penting bagi perkembangan organisasi satu periode ke depan.

Tidak hanya itu, melalui Ideopolitor, kader persyarikatan juga akan diberikan pemahaman terkait bidang politik. Terlebih menghadapi tahun politik 2024 mendatang, Djoni menilai bahwa Muhammadiyah perlu berperan aktif dalam membangun negeri di ranah kebangsaan baik di Legislatif maupun Eksekutif.

Oleh karenanya pada kesempatan itu pula, Djoni mengarahkan pada seluruh kader persyarikatan agar dapat mendukung calon legislatif yang berlatar kader Muhammadiyah. “Di Peneguhan Ideopolitor nanti akan kita hadirkan semua caleg yang kader Muhammadiyah Bogor. Kita dukung kader-kader Muhammadiyah,” tegas Djoni.

Peneguhan Ideopolitor akan menghadirkan sederet narasumber dari PP Muhammadiyah, PWM, PWA, PDA, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Bupati Kab. Bogor, Ketua DPRD Kab. Bogor. Para pengurus PCM, PCA dan PDM akan mendapatkan materi yang berkaitan dengan ideologi, kemuhammadiyahan, politik dan keorganisasian.

Editor : Dian Fauzalia