Mahasiswa FKM Jadi Fasilitator di Kelurahan Tanggap Bencana Bersama BPBD DKI Jakarta

Oleh :
Kontributor FKM
Mahasiswa FKM Jadi Fasilitator di Kelurahan Tanggap Bencana Bersama BPBD DKI Jakarta
Mahasiswa FKM UMJ Adipatra Kenaro saat menjadi fasilitator pendampingan masyarakat dan aparatur sipil negara di Kelurahan Cawang, Kamis (02/11/2023). (Foto : Dok.Pribadi)

Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta (FKM UMJ) menjadi fasilitator bagi masyarakat Kelurahan Tanggap Bencana bersama BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) DKI Jakarta, Senin-Kamis, 30 Oktober sampai 2 November 2023. Mahasiswa tersebut adalah Adipatra Kenaro serta Dimas Imam Prayogo.

Baca juga : ERDAMS FKM UMJ Lakukan Pelatihan Water Rescue Bersama DMC Dompet Dhuafa

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta ini dilakukan bagi masyarakat dan Aparatur Sipil Negara di beberapa wilayah Kelurahan Tangguh Bencana. Kelurahan tersebut yaitu Kel. Cakung Timur, Kel. Kampung Melayu, Kel. Petukangan Selatan & Kel. Cawang serta 20 Kelurahan yang tersebar di DKI Jakarta yang berpotensi adanya kerawanan bencana.

Pembinaan dilakukan dalam rangka menghadapi potensi bencana di wilayah DKI Jakarta untuk mendukung rencana kelurahan yang memiliki kemampuan mandiri agar dapat beradaptasi dan menghadapi ancaman bencana. Selain itu juga agar masyarakat memiliki kemampuan dalam memulihkan diri dari dampak bencana yang merugikan, apabila terdampak bencana.

Mahasiswa FKM UMJ Adipatra Kenaro (ketiga dari kiri) serta Dimas Imam Prayogo (kedua dari kiri) bersama BPBD DKI Jakarta seusai sosialisasi di Kelurahan Cakung Timur, Rabu (01/11/2023)

Peserta sosialisasi diajak untuk melakukan identifikasi bahaya serta risiko potensi bencana yang didampingi oleh narasumber dari Ready Indonesia Ujang Dede Lasmana dan mahasiswa FKM UMJ. Materi yang diberikan dalam kegiatan pembinaan dan pendampingan masyarakat dan aparatur sipil negara diantaranya adalah batas-batas wilayah Kelurahan, ancaman bencana dan penilaian Kelurahan Tangguh Bencana serta 20 Indikator Kelurahan Tangguh Bencana.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Subkelompok Urusan Pencegahan, Staff Kelurahan, Tagana Dinsos, LMK, KSB, FKDM, Para Ketua RT dan Ketua RW. Kepala Seksi Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Embay Suhaimi, Ketua Subkelompok Urusan Kesiapsiagaan, Staff Kesiapsiagaan Bencana BPBD DKI Jakarta, Ketua Subkelompok Urusan Pemberdayaan Masyarakat dan Lembaga BPBD DKI Jakarta.

Embay Suhaimi menerangkan bahwa BPBD DKI Jakarta telah melakukan pemetaan potensi kerawanan bencana. Oleh karenanya sosialisasi dan pendampingan pada aparatur setempat dilakukan agar dapat terbentuk ketangguhan dalam menghadapi bencana. BPBD DKI Jakarta rutin melakukan sosialisasi dan pendampingan. Menurut Embay, lebih dari 50 persen warga DKI Jakarta telah memahami potensi kebencanaan yang ada di sekitarnya.

Adipatra dan Dimas mengungkapkan rasa senangnya karena dapat terlibat dalam kegiatan edukasi bagi masyarakat. Dimas berharap kegiatan tersebut dapat memberikan ilmu dan pengetahuan bermanfaat bagi masyarakat.

“Semoga bermanfaat untuk masyarakat sehingga kedepannya tidak mudah panik maupun tergesa-gesa dalam menghadapi bahaya bencana alam dan dalam memberikan pertolongan pertama bagi korban bencana alam,” kata Dimas.

Penulis : Adipatra Kenaro
Editor : Dian Fauzalia

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/