Komunitas Robot Terbang FT UMJ Gelar Pelatihan Aeromodelling Perdana

Oleh :
kontributor FT
Komunitas Robot Terbang FT UMJ Gelar Pelatihan Aeromodelling Perdana
Rojiwanudi, S.T. (kanan) bersama mahasiswa FT UMJ seusai pelatihan aeromodelling, di Ruang Al-Birruni, Rabu (01/11/2023). (Foto :FT UMJ)

Komunitas Robot Terbang SHANKARA Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FT UMJ) menggelar pelatihan perdana seputar Aeromodelling di Ruang Al-Biruni Fakultas Teknik UMJ, Rabu (01/11/2023). Sebanyak 20 mahasiswa dari berbagai program studi mengikuti pelatihan dengan antusias.

Baca juga : Mahasiswa FT UMJ Melaju ke Final Kontes Robot Terbang Indonesia 2023

Pelatihan yang berlangsung rutin setiap sekali dalam sepekan ini bertujuan sebagai wadah pengembangan minat, bakat dan menumbuhkan keterampilan serta kreativitas mahasiswa, khsususnya mahasiswa baru dalam bidang teknologi dan riset.

Kegiatan pelatihan di pandu oleh ahli Aeromodelling yaitu Rojiwanudi, S.T. Para peserta mempelajari sejarah, dasar dan komponen aeromodelling serta cara kerjanya. Selain untuk mengasah keterampilan anggota komunitas, pelatihan rutin ini juga sebagai persiapan perlombaan Kompetisi Robot Terbang Indonesia (KRTI) pada 2024 mendatang.

Rojiwanudi, S.T., saat menyampaikan materi pelatihan Aeromodelling di Ruang Al-Birruni, Rabu (01/11/2023).

Pelatihan perdana merupakan langkah awal dalam membangun kader-kader yang berprestasi dan berintegrasi agar dapat lebih maju setiap tahunnya. Salah satu divisi perlombaan yang menjadi andalan pada lomba KRTI yaitu, Racing plane, Fixed wing, dan TD airframe (Teknologi devoloptment). Ketiga divisi ini menjadi andalan, dan pernah meraih sebagai Juara Harapan pada 2020.  

“Seorang pilot yang andal tidak akan pernah lahir tanpa latihan dan pengalaman yang banyak. Kesuksesan dapat diraih dengan kesungguhan dan keseriusan. Mari ukir prestasi-prestasi nasional dan international dalam bidang aeromodelling, yang akan dimulai dengan pelatihan Dasar Aeromodelling hari ini. Shankara, jaya di udara!” ucap ketua Komunitas Shankara FT-UMJ Muhammad Fathur Rizky Mahasiswa Teknik Industri FT-UMJ.

Dengan adanya pelatihan ini, Rizky berharap Komunitas Shankara FT-UMJ semakin dikenal sebagai salah satu Komunitas yang memiliki potensi besar di dalam kampus maupun di luar kampus, serta pencapaian prestasi dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa UMJ.

Penulis: M. Imam Najib (Mahasiswa Teknik Informatika)

Editor: Dinar Meidiana