Dosen FAI UMJ Lolos Seleksi Konferensi Mufasir

Oleh :
Nadiva Rahma
Gedung Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta FAI UMJ

Prestasi membanggakan datang dari Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta, Dr. Dr. H. Zainal Arif, MA., yang berhasil lolos seleksi ke Konferensi Mufasir Muhammadiyah dengan paper berjudul “Perspektif E-Commerce dalam Al-Qur’an”. Hal tersebut berdasarkan surat keputusan yang dikeluarkan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah usai dilakukan seleksi terhadap beberapa peserta, Senin, 06/11/2023.

Baca juga : Program Studi Perbankan Syariah FAI UMJ Raih Akreditasi Unggul

Sebanyak 60 peserta yang telah dinyatakan lolos seleksi akan mengikuti konferensi jilid I yang akan berlangsung di Solo, pada 10-12 November 2023 mendatang. Pada kesempatan itu, setiap peserta diberi kesempatan untuk memprentasikan hasil paper yang telah ditulis. Tidak hanya itu, dalam konferensi juga turut dilaksanakan beberapa agenda yang akan diisi oleh pimpinan pusat muhammadiyah.

Zainal menyampaikan bahwa konferensi yang diiniasiasikan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah digelar dalam rangka melakukan percepatan penulisan Tafsir At-Tanwir Muhammadiyah, dengan melibatkan kader Muhammadiyah yang memiliki keahlian di bidang tafsir.

“Ini merupakan program jangka panjang. Maka dari itu dibuatlah sebuah tim dengan harapan tercetusnya Tafsir At-Tanwir yang disusun oleh persyarikatan Muhammadiyah,” tutur Zainal.

Melalaui kegiatan ini, Zainal berharap dapat memberikan kontribusi dalam penulisan Tafsir At-Tanwir. Bukan hanya sekadar menyampaikan paper, tetapi juga tersusunnya tafsir 30 juz.


Editor : Dian Fauzalia