Mahasiswa UMJ Ikuti Seleksi Wawancara KPM Angkatan 3

Oleh :
Dinar Meidiana
Mahasiswa UMJ Ikuti Seleksi Wawancara KPM Angkatan 3
Calon Protokoler mahasiswa mengikuti seleksi wawancara KPM Angkatan 3 di Ruang Trust, Lantai 4 Gedung Bussines Center UMJ, Jumat (13/10/2023). (Foto : Dok.Pribadi)

Sebanyak 72 mahasiswa mengikuti wawancara sebagai tahapan seleksi untuk bergabung di Unit Kegiatan Mahasiswa Korps Protokoler Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta (UKM KPM UMJ) Angkatan 3. Wawancara dibagi menjadi dua gelombang yaitu Jumat dan Sabtu, 13-14 Oktober 2023 di Ruang Trust Gedung Bussines Center UMJ.

Baca juga : 2 Anggota KPM UMJ Raih Juara Kontes Presenter TV Muhammadiyah

Wawancara dilakukan untuk mengetahui kemampuan, minat dan bakat yang dimiliki para calon Protokoler. Ketua KPM UMJ Azka Muzakie menerangkan bahwa melalui tahapan wawancara tersebut, akan disaring sekitar 40-50 anggota.

“Setelah wawancara, anggota KPM Angkatan 3 akan mengikuti pelatihan yaitu pelatihan dasar keprotokolan, event organizer, dan public speaking. Pelatihan wajib ini juga sebagai persiapan untuk wisuda dan agenda besar terdekat lainnya,” ungkap Azka.

Selain itu, para Protokoler juga akan diberikan pelatihan jangka panjang pada April 2024 berupa pelatihan keorganisasian yang ditujukan agar dapat menjalankan KPM sebagai organisasi mahasiswa. “Semoga Protokoler dari KPM dapat semakin berkembang dan melahirkan protokoler-protokoler muda yang berbakat hingga mencapai tingkat nasional,” tambah Azka.

Salah satu calon Protokoler dari Prodi Pendidikan Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Pendidikan (PTI FIP) Isma Mujahidah mengaku mulai tertarik dengan KPM saat melihat para Protokoler bertugas di agenda Pembukaan PKKMB 2023 (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru).

“Sejak SMA saya senang dengan kegiatan yang bersinggungan dengan kreativitas, public speaking dan event organizer sehingga merasa bahwa KPM adalah tempat yang tepat untuk mengembangkan kemampuan, kreativitas dan ide”, kata Isma. Mahasiswa semester satu ini berharap dapat diterima menjadi Protokoler di KPM Angkatan 3 agar dapat mengembangkan kemampuan di antaranya public speaking.

UKM yang berdiri pada 2022 ini telah menjaring mahasiswa yang memiliki minat dan bakat dalam bidang keprotokolan dan aktif mengembangkan kemampuan di bawah bimbingan Kantor Sekretariat Universitas UMJ (KSU UMJ). Tidak hanya aktif menjadi Protokoler pada agenda-agenda kampus, KPM juga menorehkan prestasi hingga tingkat nasional.

Beberapa prestasi tersebut di antaranya diraih oleh Winda Yulianti sebagai Juara 1 pada Pekan Protokol Nasional yang diadakan oleh Institusi Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon. Selain itu pada Lomba Presenter yang diselenggarakan TVMu, dua mahasiswa dari KPM turut menjadi juara yaitu Winda Yulianti sebagai Juara 2 dan Salsa Nabila sebagai Juara 3.

Editor : Dian Fauzalia

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/