Alumni Prodi Ilkom Berbagi Pengalaman Menjadi Praktisi

Oleh :
Fazri Maulana
Persiapkan Diri Hadapi Era Digital dalam Dunia Kerja
Narasumber saat berbagi pengalaman dalam acara Alumni Cerita Konsentrasi Prepare Yourself For Digital Era di Aulia Kasman Singodimedjo FISIP UMJ, Senin (2/10/23). (Foto : KSU/Alvin Lazuardy)

Rizky Harisnanda News Anchor CNN Indonesia, membagikan pengalamannya menjadi praktisi bersama tiga alumni Ilkom lainnya di acara bertajuk Alumni Cerita Konsentrasi Prepare Yourself For Digital Era, yang diadakan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ) di Aula Kasman Singodimedjo, Senin (2/10/23).

Gelaran kegiatan ini bukan yang pertama dilakukan Prodi Ilmu komunikasi (Ilkom), sebelumnya Alumni Cerita Konsentrasi membahas tentang Career Development in Public Relations Adversiting and Broadcasting in The Digital Era.

Acara kali ini mengundang lulusan Prodi Ilkom yakni News Anchor CNN Indonesia Rizky Harisnanda, S.I.Kom., Social Media Admin Freelance of Leon Playground Dianira Khalishah, S.I.Kom., dan Personal Manager Influencer Wanda N Lutifiah, S.I.Kom. Ketiganya menceritakan pengalaman saat memulai karir di bidang masing-masing. Era digital menuntut untuk semua orang berkembang dan beradaptasi seperti bidang keilmuan Broadcasting, Public Relations, dan Advertising.



Baca juga : Rocky Gerung Jadi Narasumber Stadium General Mahasiswa FISIP UMJ

Perkembangan teknologi dan informasi menuntut perubahan signifikan dalam dunia kerja. Terlebih lagi, pandemi Covid-19 turut mendorong digitalisasi pekerjaan semakin meluas. Mahasiswa perlu mencermati dan mempersiapkan kemampuan mengikuti tren pekerjaan yang dibutuhkan ke depan di era digital. Hal ini disampaikan oleh Wadek 1 FISIP UMJ Drs. Moh Amin Tohari, M.Si., dalam acara Alumni Cerita Konsentrasi Prepare Yourself For Digital Era.

“Adik-adik harus mencermati tren ke depan, apalagi saat ini era digital. Semua pemuda perlu melek digital dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, ” pungkas Amin.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Oktaviana Purnamasari, M.Si mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi kesempatan untuk mengenalkan jurusan program studi Ilmu Komunikasi kepada mahasiswa baru yang sudah menghasilkan lulusan aktif dalam berbagai industri digital baik Broadcasting, Public Relation, dan Advertising.

Ia juga menyampaikan mahasiswa perlu mempersiapkan dan memantapkan pilihan untuk bisa menyesuaikan diri di era digital. Peningkatan itu bisa dilakukan dengan aktif dalam beorganisasi dan mengikuti kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digagas oleh Kemendikbud dimana Prodi Ilkom sudah bekerjasama dengan beberapa kampus luar negeri untuk melakukan pertukaran mahasiswa.

Lebih lanjut, Okta menyampaikan bahwa saat ini dunia industri sudah memasuki era digital, komunikasi sangat berkaitan erat dengan dunia digital. Hal itu yang mendasari pemilihan tema kegiatan kali ini. Tidak hanya itu, kegiatan ini memberikan dampak yang sangat siginifikan untuk membantu mahasiswa baru dalam memilih jurusan yang diminati pada Prodi Ilkom dengan mempunyai lulusan terbaik dibidangnya masing-masing.

“Konsentrasi yang kita miliki Broadcasting, Public Relations, dan Advertaising sangat terkoneksi dengan era digital. Dengan menghadirkan para alumni, anak-anak akan bisa mempunyai visi dalam dunia kerja sesuai dengan bidang yang dipilih,” tutur Okta.

Harus diyakini bahwa perkembangan teknologi dan informasi bisa dimanfaatkan, salah satunya sosial media. Memanfaatkan sosial media bisa menjadi keuntungan ditambah dengan bidang keilmuan yang ditekuni untuk mendapatkan pekerjaan.

Editor : Dian Fauzalia

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/