Mahasiswa UMJ Siap Berdayakan Masyarakat Melalui KKN MAs

Oleh :
Irhamzah
Dokumentasi delegasi mahasiswa UMJ KKN MAs di Bandar Udara Internasional H.A.S. Hananjoeddin pada Kamis (03/08/2023).
Dokumentasi delegasi mahasiswa UMJ KKN MAs di Bandar Udara Internasional H.A.S. Hananjoeddin pada Kamis (03/08/2023).

Empat delegasi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), siap mengabdi dan memberdayakan masyarakat melalui Kuliah Kerja Nyata MuhammadiyahAisyiyah (KKN MAs) di Bangka Belitung. Keempatnya mendarat di Bandar Udara Internasional H.A.S. Hananjoeddin pada Kamis (03/08/2023).

Perwakilan mahasiswa KKN MAs dari UMJ didampingi oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UMJ Prof. Dr. Ir. Tri Yuni Hendrawati, M. Si., serta Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Lorenta In Haryanto, S.E., M.Sc.

Keempat mahasiswa tersebut ialah Gayuh dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Diva Rekanta dari Fakultas Pertanian (FTAN), Fadil Akbar Nurhadi dari Fakultas Teknik (FT) serta Handika Akmal Ramadani dari Fakultas Agama Islam (FAI).

Berdasarkan keterangan salah satu mahasiswa delegasi UMJ Handika Akmal melalui pesan singkat, Jumat (04/08/2023), mengaku sangat siap, bangga serta bahagia bisa mengikuti Program KKN MAs. “Saya merasa bangga dan bahagia karena program ini mempertemukan mahasiswa-mahasiswa seluruh PTMA agar dapat menjalin silaturahim serta saling berbagi ilmu,” ujar Handika.

Ia berharap dengan mengikuti program KKN MAs menjadi mahasiswa solutif yang mampu memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi di masyarakat dan mampu berkolaborasi dengan masyarakat. Sementara itu, Prof. Tri Yuni menyampaikan bahwa empat mahasiswa delegasi UMJ merupakan mahasiswa lintas fakultas yang memiliki talenta di bidang keilmuannya masing-masing disesuiakan dengan kebutuhan masyarakat Bangka Belitung.

”Salah satu pesan yang ingin dicapai dalam KKN tentu saja bahwa mahasiswa harus mampu mebuat program, siap untuk bekerja terutama dilingkungan pedesaan dan mahasiswa perlu melakukan program dengan baik, memberikan solusi terbaik kepada masyarakat dan juga bergaul dengan baik,” ujar Tri.

KKN MAs dengan tema Penguatan Eduecotourism Berbasis Teknologi untuk Mendukung Konservasi Lingkungan di Bumi Serumpun Sebalalai merupakan sarana untuk memperdayakan masyarakat dalam mengejawantahkan surah Al-Ma’un sesuai dengan catur dharma perguruan tinggi Muhammadiyah Aisyiyah melalui pemberdayaan untuk mewujudkan masyarakat yang madani.

Selain itu, KKN MAs juga bertujuan unutk menjalin silaturahmi nasional PTMA seluruh Indonesia serta ikut mensukseskan pembangunan nasional dan daerah. Selain berkolaborasi antar Muhammadiyah Aisyiyah, KKN MAs ini dirancang untuk bekerja sama dengan Pemkab Belitung, Belitung Timur, dan juga Provinsi Bangka Belitung.

Ir. Fadilah Sabri, S.T., M.Eng., Rektor Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung (UNMUH BABEL) menyampaikan pesan kepada mahasiswa KKN MAs di Bangka Belitung untuk tetap semangat dan jangan mengeluh. “Man Jadda wa Jada. Jadilah orang hebat sebagai kader sejati sehingga mampu membawa perserikatan mendunia,” ujar Sabri.

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/