Mahasiswa Harus Beradaptasi dengan Perubahan

Oleh :
Kontributor FISIP
Nida administrasi publik
Nida Handayani S.IP, M.Si. saat menyampaikan materi di Aula Kasman Singodimedjo FISIP UMJ, Kamis (3/8/2023).

Selain kompetensi dalam keilmuan dan keahlian, mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi Publik harus memiliki attitude yang baik, mampu bekerja dalam tim, dan memiliki inisiatif yang tinggi karena akan sangat berguna di dunia kerja. Mahasiswa juga perlu memiliki jiwa pembelajar sepanjang hayat agar bisa selalu dinamis beradaptasi dengan perubahan yang selalu ada.

Baca juga : Prodi Administrasi Publik FISIP UMJ Raih Akreditasi Unggul

Hal tersebut dipaparkan oleh Ketua Program Studi Ilmu Administrasi Publik FISIP, Nida Handayani S.IP, M.Si., dalam Diskusi Publik dengan tema Tuntutan Kompetensi Lulusan Ilmu Administrasi Publik di Era Industri 4.0″ pada Kamis (3/8/2023).

Diskusi ini diselenggarakan saat Program Studi Ilmu Administrasi Publik FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta menerima kunjungan studi banding dari Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Administrasi dan Humaniora (FIAH) Universitas Muhammdiyah Sukabumi (UMMI) di Aula Kasma Singodimedjo FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta. Kedua pihak berkolaborasi menyelenggarakan Diskusi Publik sebagai bentuk implementasi dari Nota Kesepahaman yang telah terjalin antara UMJ dan UMMI sebelumnya.

diskusi publik fisip umj
Kaprodi Ilmu Administrasi Publik FISIP, Nida Handayani S.IP, M.Si.,(kiri) dan Kaprodi FIAH UMMI, M. Rijal Amirulloh, S.IP, M.KP. (kanan) setelah penandatanganan MoU di Aula Kasman Singodimedjo FISIP UMJ, Kamis (3/8/2023).

Diskusi dibuka oleh Dekan FISIP UMJ, Prof. Dr. Evi Sastipsi, M.Si dan Dekan FIAH UMMI, Rizki Hegia Sampurna, M.A., PhD. Selanjutnya kegiatan dipandu oleh Dini Gandini Purbaningrum, S.IP, M.A, sekretaris Program Studi Ilmu Administrasi Publik FISIP UMJ.

Dalam kesempatan itu, selain menyinggung tentang kompetensi mahasiswa,  Nida Handayani juga memaparkan profil dan perjalanan Program Studi Ilmu Administrasi Publik, hingga mendapatkan akreditasi Akreditasi Unggul pada 1 Agustus 2023.

Tampil sebagai pembicara lainnya adalah Ketua Prodi FIAH UMMI, M. Rijal Amirulloh, S.IP, M.KP.

Dalam paparan materinya, Rijal menyampaikan profil lulusan Prodi Administrasi Publik yang perlu memiliki kompetensi, pengetahuan, keahlian yang mumpuni dan sikap yang baik, juga kemampuan beradaptasi dengan teknologi di era 4.0 saat ini. Selain itu kemampuan dalam membangun jejaring sangat penting untuk karir dan masa depan.

Setelah sesi tanya jawab, acara dilanjutkan dengan penandatanganan Implementation Arrangement antara Prodi Ilmu Administrasi Publik FISIP UMJ dan Prodi Administrasi Publik FIAH UMMI, kemudian diakhiri dengan penyerahan plakat dan cinderamata dari kedua belah pihak dan foto bersama.  Diharapkan kegiatan  studi banding dan diskusi publik ini  dapat menjadi sebuah media untuk menjalin keakraban dalam rangka mengembangkan kolaborasi dan inovasi melalui potensi yang ada sehingga berguna bagi perkembangan administrasi publik masa sekarang dan mendatang.

Editor : Tria Patrianti

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/