Mahasiswa FKM UMJ Berikan Penyuluhan Gizi Balita

Oleh :
M Zulmi Wijiyanto
Foto bersama kegiatan Pelita Cemara anggota SEMESTA dan ERDAMS di Ciputat pada, Senin (7/8/23)

Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) melakukan Penyuluhan Gizi Balita dan Cek Kesehatan Masyarakat (Pelita Cemara) pada masyarakat Ciputat, Senin (07/08/2023). Kegiatan bertema Meningkatkan Kesehatan Masyarakat Guna Terciptanya Keluarga Sehat tersebut merupakan program kolaborasi mahasiswa yang tergabung dalam ERDAMS (Emergency Response in Disaster And Medical Service) dan SEMESTA (Seruan Mahasiswa Peduli Kesehatan).

Baca Juga : ERDAMS FKM UMJ Gelar Pelatihan Basic Life Support

Sebanyak 50 orang yang didominasi oleh kaum perempuan mengikuti rangkaian penyuluhan dengan antusias. Masyarakat Sawah Lama, Ciputat RT 04 RW 07 ini mendapatkan penyuluhan kesehatan, dan mendapatkan fasilitas cek Indeks Masa Tubuh (IMT)  balita, cek kesehatan umum, dan konsultasi masalah kesehatan secara gratis.

Pengecekan tekanan darah kepada masyarakat Sawah Lama, Ciputat pada, Senin (7/8/23)

Melalui Pelita Cemara, mahasiswa FKM UMJ mengimplementasikan bidang keilmuannya dan merupakan bentuk tindakan promotif dan preventif sebagai usaha meningkatkan derajat kesehatan. Ketua Pelaksana Pelita Cemara Dhania Putri menyampaikan kegiatan bertujuan meningkatkan kesehatan masyarakat menuju hidup yang lebih sehat sehingga dapat mengedukasi keluarga tentang kesehatan gizi.

“Kita tidak bisa menyangkal bahwa tantangan kesehatan yang dihadapi oleh masyarakat sangat beragam, dari masalah gizi hingga pola hidup tidak sehat. Oleh karena itu, mengedepankan pendidikan dan kesadaran tentang pentingnya gaya hidup sehat serta asupan nutrisi yang tepat adalah langkah awal yang harus kita ambil,” ujar Dhania.

Editor : Budiman