Mahasiswa Program MSIB Prodi TI FT UMJ Selenggarakan Workshop Pembuatan Website Portfolio

Oleh :
Kevin Arami
website potofolio
Pelaksanaan Webinar & Workshop “Membuat Website Portofolio Pertama Mu” via Zoom Meeting, Sabtu (22/07/2023).

Mahasiswa Prodi Teknik Informatika Fakultas Teknik (FT) UMJ Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) batch 4 menyelenggarakan Webinar dan Workshop membuat Website Portfolio. Kegiatan ini diadakan via Zoom Meeting pada, Sabtu (22/07/2023). Kegiatan ini diikuti oleh 52 mahasiswa FT UMJ. Peserta mendapatkan benefit seperti knowledge ,certificate,and relationshi

Baca juga : Tabligh Akbar IMM FT UMJ Bersama Kiai Cepu

Acara ini diisi oleh narasumber mahasiswa prodi teknik informatika FT UMJ Maulana Priangga dan Deden Guritno, serta kegiatan ini diikuti oleh 52 mahasiswa FT UMJ.

Dalam pemaparan materi pertama, Maulana Priangga memaparkan pokok bahasan pengenalan seperti website, front end, visual studio code, Hyper Text Markup Language (HTML) dan Cascading Style Sheets (CSS). Selain itu, juga menjelaskan apa itu client-side dan server-side yang menjadi dua elemen website utama.

Client-side adalah bagian situs yang dilihat oleh pengguna. Seperti browser, google chrome atau internet explorer. bagian ini terancang dari HTML, CSS dan JavaScript untuk merancang halaman web,” papar Maulana.

“Sedangkan server-side itu ialah bagian website yang tersembunyi oleh pengguna dan data yang di olah oleh web server, bagian server-side ini terdiri bahasa pemograman seperti Hypertext Preprocessor (PHP), PYTHON, atau RUBY,” lanjut Maulana.

Maulana juga menambahkan, fungsi website yaitu untuk membangun branding bisnis, menyediakan produk dan jasa , menjual produk atau jasa secara online, meningkatkan keterlibatan pelanggan, dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Tidak hanya itu saja, Maulana juga menjelaskan tentang menjadi front end developer dalam penggunaan html mapun css yang tertuju kepada tools visual studio code.

Selanjutnya pemaparan materi oleh Deden Guritno, yang menjelaskan bagaimana pembuatan portofolio dan mempraktekkannya langsung kepada mahasiswa melalui zoom meeting webinar. Praktik melalui tools visual studio code lalu di implementsaikan kepada HTML dan CSS. Dan juga menjelaskan step by step melalui usecase diagram dan activity diagram sertapenggunaan HTML maupun CSS.

“tujuan dalam pembuatan portofolio diantaranya ada tiga yaitu, personal branding, menyimpan karya, dan membangun koneksi,” ungkap Deden.

“Ini merupakan  tiga tujuan dalam pembuatan portofolio yang selalu menjadi tujuan dalam pembuatan portofolio. Portofolio juga sangat penting ketika akan melamar pekerjaan, dan tertulis karya apa saja yang selama ini yang kita kerjakan selama  menjadi pelajar atau mahasiswa,” lanjut Deden.

Editor : Budiman

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/