PSGA UMJ Gelar Kajian Keilmuan Perempuan di Bulan Ramadan

Oleh :
Mutiara Halimatu's Sadiyah
PSGA UMJ
Ketua PSGA UMJ Dr. N.Oneng Nurul Bariyah, M.Ag. saat memberikan sambutan kegiatan Perempuan Bincang Ramadan (PEBIRA), Sabtu (30/03/2023).

Pusat Studi Gender dan Anak Universitas Muhammadiyah Jakarta (PSGA UMJ) menyelenggarakan kegiatan Perempuan Bincang Ramadan (PEBIRA) dengan tema Ramadan Perspektif Kesehatan, Ekonomi, dan Gizi. Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual zoom meeting ini diadakan untuk memberikan kajian keilmuan yang mendukung peningkatan kualitas perempuan di bulan suci Ramadan, Sabtu (30/03/2023).

Ketua PSGA UMJ Dr. N.Oneng Nurul Bariyah, M.Ag. dalam sambutannya menyampaikan bahwa banyak aspek yang harus dipersiapkan oleh seorang ibu ketika menghadapi bulan Ramadan. Ibu menjadi sosok yang berperan penting di bulan Ramadan. Karenanya Oneng Nurul Bariyah menganggap perlu diadakan kegiatan PEBIRA untuk menunjang pengetahuan para ibu.

Baca juga : Kepemimpinan Aisyiyah adalah Bentuk Tanggung Jawab Perempuan Islam

“Penting untuk kita (Perempuan) mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan berpuasa, seperti produk makanan yang halal dan bergizi, menjaga kesehatan keluarga, hingga mengatur keuangan rumah tangga yang cenderung meningkat di bulan Ramadan.” ujar Oneng.

Rangkaian acara PEBIRA dibuka oleh Wakil Rektor III UMJ Dr. Rini Fatma Kartika., kemudian pemaparan materi pertama dibawakan oleh Dr. dr. Ferial Hadipoetro, Sp.KFR., M.Kes. tentang dampak positif puasa dari perspektif kesehatan. Narasumber kedua Dr. Siti Asmanah, SE.Ak., M.Si membawakan materi dari perspektif ekonomi tentang Manajemen Keuangan Rumah Tangga. Materi terakhir ditutup oleh narasumber ketiga, Ketua Halal Center UMJ Dr. Sugiatmi, yang menyampaikan tentang Pemenuhan Gizi saat berpuasa.

Sekitar 30 peserta yang terdiri dari dosen, tenaga kependidikan UMJ juga peserta dari luar UMJ yaitu Pimpinan Daerah Aisyiyah Cirebon dan Pimpinan Daerah Aisyiyah Banten, dengan antusias berdiskusi tentang tiga perspektif materi yang dibahas dalam PEBIRA. Pada akhir kesempatan, Oneng berharap aspek-aspek yang dibahas pada acara bincang Ramadan ini dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. (MT/KSU).

Editor : Tria Patrianti