BEM FIP UMJ Gelar Workshop Penulisan Proposal Penelitian

Oleh :
Putri Rachmawati
Workshop Penulisan Proposal Penelitian BEM FIP UMJ
Arlin Astriyani, M.Pd. saat menyampaikan materi pada acara Workshop Penulisan Proposal Penelitian, di Auditorium FIP UMJ Jumat, (17/2).

Memasuki masa perkuliahan semester genap 2022/2023, Departemen Pendidikan dan Penelitian Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (BEM FIP UMJ) gelar Workshop Penulisan Proposal Penelitian di Auditorium FIP, Jumat (17/2/2023).

Kegiatan yang ditujukan untuk mahasiswa FIP ini mengusung tema “Implementasi Pelatihan dan Penelitian dalam Rangka Mengoptimalkan Potensi Akademik Mahasiswa.” Menurut Gubernur BEM FIP Gilang Ramadhan, pelatihan proposal penelitian ini sangat bermanfaat dan membantu mahasiswa FIP menyelesaikan masa studinya, terutama bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi.

Baca juga : Pentas Teater Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FIP UMJ

Hal senada disampaikan oleh Dekan FIP UMJ Dr. Iswan, M.Si., bahwa demi menyelesaikan masa studi diperlukan syarat utama yaitu melakukan penelitian (skripsi). Iswan berharap agar mahasiswa mampu memaksimalkan hasil penelitiannya dari berbagai referensi.

“Dalam menulis proposal penelitian harus disesuaikan dengan metodologi penelitiannya. Baik itu Kualitatif, Kuantitatif, PTK, atau R&D supaya mahasiswa bisa memiliki kebaharuan dalam penelitiannya,” jelas Iswan.

Workshop penulisan proposal dilaksanakan selama dua hari, hingga 18 Februari 2023 mendatang. Selama workshop, peserta diberikan pemahaman tentang metodologi penelitian dan berkesempatan mendapat pendampingan untuk menulis proposal penelitian bersama narasumber.

Arlin Astriyani, M.Pd., dosen Pendidikan Matematika FIP UMJ, narasumber pada kegiatan tersebut menjelaskan prosedur pengajuan skripsi. Selain itu, Arlin memberikan pemahaman mengenai proses penelitian, masa bimbingan, serta sistematika penulisan skripsi.

Menurutnya, mahasiswa kerap kali membuat kesalahan saat menyusun proposal penelitian. Kesalahan tersebut berupa kelayakan topik, landasan teoritis yang lemah, perencanaan proyek dan manajemen yang buruk, maupun yang tidak mengikuti standar universitas.

Pelatihan diharapkan memberikan wawasan, gagasan, dan ilmu yang bermanfaat bagi mahasiswa dalam memahami panduan penelitian. Selain meminimalisir kesalahan saat melakukan penelitian, pelatihan tersebut berguna demi menciptakan proposal penelitian yang konsisten dan koheren rasional. (PR/KSU)

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/