Baitul Arqam Upaya Perkuat Jajaran Satpam UMJ

Oleh :
Dinar Meidiana
Satpam UMJ saat pembukaan Baitul Arqam, di Bojong Sari, Depok, Rabu (15/02).

Universitas Muhammdiyah Jakarta memiliki visi untuk menjadi kampus islami. Hal tersebut digawangi oleh Lembaga Pengkajian dan Penerapan Al Islam dan Kemuhammadiyahan (LPP AIK) UMJ melalui berbagai program, salah satunya yaitu Baitul Arqam bagi civitas akademika UMJ. Tahun 2023, LPP AIK menggelar Baitul Arqam bagi tendik, dosen, karyawan, dan satpam (security) secara bertahap di bulan Februari.

Dituturkan Fakhurazi, sebagai sarana pelatihan dan pengkaderan Muhammadiyah tendik dan tenaga pengajar di lingkungan UMJ, kegiatan Baitul Arqam bermanfaat dalam memperkuat sistem keamanan UMJ dengan berlandaskan prinsip kemuhammadiyahan sebagai pilar depan kampus islami. Baitul Arqam bagi dosen dan tendik muda akan digelar Jumat hingga Sabtu, 17-18 Februari 2023 mendatang.

Rektor UMJ Dr. Ma’mun Murod, M.Si., secara resmi membuka Baitul Arqam. Pada kesempatan tersebut, Ma’mun juga memberikan dukungan dengan cara memberikan kuis berhadiah dengan melontarkan pertanyaan pengetahuan dasar kemuhammadiyahan. Kuis dimaksudkan untuk menguji pemahaman para peserta. Seluruh peserta tampak antusias selama pembukaan berlangsung.

Pembukaan Baitul Arqam Satpam UMJ, Rabu (15/02), di Bojongsari, Depok.

Suasana acara pembukaan terasa sangat menyenangkan, sebagaimana pesan yang disampaikan Ma’mun untuk peserta Baitul Arqam agar mengikuti rangkaian kegiatan dengan rileks dan santai. Ma’mun juga menyampaikan peran penting satpam dalam menjaga keamanan dan ketertiban kampus. Sejalan dengan tugas tersebut, maka terdapat kebijakan baru yang akan diterapkan. Salah satunya adalah pemberlakuan jam malam yang perlu diperketat.

“Jika sudah memasuki pukul 10 malam, satpam harus menindak tegas mahasiswa yang masih berada di lingkungan kampus dan tidak bisa menerima parkir masuk untuk mahasiswa. Maka dari itu, security hanya berjaga di depan dan belakang kampus saja.”

Penerapan jam malam yang harus dimaksimalkan termasuk ke dalam tujuan Muhammadiyah seperti yang ditanyakan oleh Ma’mun kepada para peserta. Diakhir pidato, Ma’mun juga melayangkan harapan untuk peserta Baitul Arqam agar terjadinya perubahan yang tersentral dalam menjaga keamanan Universitas. Dengan terbentuknya Satpam yang bersinergi dalam menjaga wilayah kampus, maka akan tercipta lingkungan kampus yang aman dan nyaman.

Pembukaan Baitul Arqam Satpam dihadiri pula oleh Wakil Rektor IV Dr. Septa Candra, MH., Komandan Satpam Sa’idih, dan Master of Training Baitul Arqam Dr. Misriandi, M.Pd. Baitul Arqam yang dilakukan secara bertahap dengan membagi sesuai kategori yaitu dosen, tendik, dan satpam bertujuan agar peserta dapat fokus mengikuti materi dasar.

Dituturkan Fakhurazi, sebagai sarana pelatihan dan pengkaderan Muhammadiyah tendik dan tenaga pengajar di lingkungan UMJ, kegiatan Baitul Arqam bermanfaat dalam memperkuat sistem keamanan UMJ dengan berlandaskan prinsip kemuhammadiyahan sebagai pilar depan kampus islami. Baitul Arqam bagi dosen dan tendik muda akan digelar Jumat hingga Sabtu, 17-18 Februari 2023 mendatang. (DN/MT/KSU)

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/