Baitul Arqam Dosen UMJ Bangkitkan Semangat Kemuhammadiyahan

Oleh :
Dinar Meidiana
Baitul Arqam UMJ
Dari kiri ke kanan Dr. Tohirin, M.Pd.I., (PWM DKI Jakarta), Dr. Ma’mun Murod, M.Si., (Rektor UMJ), Drs. Fakhrurazi, M.A.( Ketua LPP AIK UMJ) dan Dr. Irwan Baadila, M.Pd (Majelis Pendidikan Kader), saat pembukaan Baitul Arqam Dosen di Bojongsari, Depok, Jumat (17/02/2023).

Lembaga Pengkajian dan Penerapan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (LPP AIK) UMJ melaksanakan Baitul Arqam gelombang II dengan mengikutsertakan 61 peserta yang terdiri dari dosen baru, kaprodi, dan sekprodi serta 45 peserta gelombang I,di Bojongsari, Depok, Jumat (17/02/2023).

Ketua LPP AIK UMJ Fakhrurazi menyampaikan dalam sambutannya bahwa seluruh peserta gelombang II ini akan dibekali pemahaman agama yang berlandaskan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan untuk meningkatkan kinerja dan semangat kemuhammadiyahan. Fakhrurazi menambahkan, nantinya seluruh peserta akan diarahkan menjadi kader-kader Muhammadiyah.

Baca juga : Baitul Arqam Upaya Perkuat Jajaran Satpam UMJ

Saat membuka secara resmi kegiatan ini, Rektor UMJ Dr. Ma’mun Murod, M.Si. menegaskan bahwa Baitul Arqam sangat penting untuk membangkitkan semangat kemuhammadiyahan seluruh sivitas akademika UMJ. Menurutnya, Muhammadiyah tidak jemu untuk terus melakukan perkaderan sebaik-baiknya, sehingga generasi Muhammadiyah khususnya UMJ selalu hidup dan teregenerasi sesuai landasan kemuhammadiyahan. “Muhammadiyah itu organisasi yang terbuka. Kadernya bisa dari mana saja. Pendiri Muhammadiyah K.H. Ahmad Dahlan bekerja sama dengan siapa saja. Muhammadiyah berdakwah ke semua lini”, tegas Ma’mun.

Penegasan tersebut dimaksudkan agar seluruh peserta Baitul Arqam memahami keterbukaan Muhammadiyah untuk kebermanfaatan umat. Selain itu, Ma’mun juga menyampaikan kepedulian besar Muhammadiyah terhadap pendidikan dan sosial. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya sekolah dan rumah sakit yang didirikan Muhammadiyah di berbagai daerah di Indonesia. Menurut Ma’mun, penting sekali peserta Baitul Arqam memahami dan membangkitkan semangat kemuhammadiyahan.

Baitul Arqam UMJ
Foto bersama acara Baitul Arqam Dosen UMJ di Bojongsari, Depok, Jumat (17/02/2023).

Pembukaan Baitul Arqam gelombang II ini turut dihadiri oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DKI Jakarta Dr. Tohirin, M.Pd.I., dan Majelis Pendidikan Kader Dr. Irwan Baadila, M.Pd.
Serangkaian pembekalan berisi materi Kemuhammadiyahan diberikan kepada seluruh peserta diantaranya peran tauhid dalam kehidupan, pengelolaan amal usaha Muhammadiyah, ibadah sesuai tarjih, metode pemahaman agama, perguruan tinggi Muhammadiyah sebagai media dakwah dan kaderisasi, kebijakan penerapan kampus Islami, serta kepemimpinan dan komunikasi.

Pembekalan peserta tidak lepas dari pemahaman dan penerapan Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah sebagaimana disahkan pada muktamar Muhammadiyah ke 44 tahun 2000. Baitul Arqam gelombang II ini berlangsung selama dua hari, pada tanggal 17 dan 18 Februari 2023, setelah sebelumnya dilaksanakan gelombang I untuk jajaran satuan pengamanan UMJ pada 15 Feburari 2023.  (HG/KSU)

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/