UMJ Turut Mendukung dan Membangun Sentra Kekayaan Intelektual

Oleh :
Dinar Meidiana
Keikutsertaan UMJ dalam Simposium Nasional di UNIMUS, Kamis (01/09).

Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ ) turut serta dalam Simposium Nasional yang diselenggarakan atas kerjasama Asosiasi Sentra Kekayaan Intelektual Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah (ASKI-PTMA) dengan Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS), dan Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian, dan Pengembangan (Majelisdiktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Rangkaian kegiatan yang berlangsung dari Kamis hingga Jumat (1-2/09/22), mengusung tema Sistem Paten Era Industri 4.0 Menuju Indonesia Berkemajuan.

UMJ diwakili oleh Ketua LPPM UMJ Prof. Dr. Ir. Tri Yuni Hendrawati, M.Si, dan Konsultan HKI UMJ Dr. Fal. Arovah Windiani, SH., MH. Simposium secara resmi dibuka oleh Ketua Majelisdiktilitbang PP Muhammadiyah, Prof, Dr. Lincolyn Arsyad. Hadir pula Dirjen DJKI, Ir. Razilu, M.Si., yang pada kesempatan tersebut menjadi pembicara utama (keynote speaker), dan Ketua ASKI-PTM, Prof. Kun Harismah, Ph.D.

Rangkaian kegiatan diisi dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) dengan seluruh PTMA yang terlibat, konsolidasi kelembagaan ASKI-PTM, LPPM, dan Unit/Divisi Pengelola Kekayaan Intelektual . Pada kesempatan tersebut, laman ASKI-PTM dan Jurnal Kekayaan Intelektual ASKI-PTM diresmikan oleh Ketua ASKI-PTM. Kehadiran website dan jurnal selain sebagai sarana komunikasi, juga merupakan upaya dalam mendorong berbagai aktivitas terkait dengan kekayaan intelektual di lingkungan PTMA.

Kegiatan Simposium Nasional tersebut sebagai forum rembuk berskala nasional dengan melibatkan ASKI-PTM atau Unit/Divisi Pengelola Kekayaan Intelektual yang bertujuan untuk mengembangkan sistem paten Indonesia era industri 4.0 bagi kepentingan pengembangan data base invensi Paten serta kinerja tata kelola Sentra Kekayaan Intelektual PTN/S khususnya PTMA se-Indonesia. Simposium yang digelar di UNIMUS melibatkan 56 PTMA se-Indonesia, khususnya yang memiliki SKI atau Unit Pengelola Kekayaan Intelektual. Seluruh PTMA yang terlibat diwakili oleh rektor, atau ketua Sentra KI, Ketua LPPM, dan Unit/Divisi yang mengelola KI di PTMA.

Simposium Nasional beserta seluruh rangkaian acara diharapkan dapat membawa sinergitas atara pihak DJKI dengan seluruh PTMA yang terlibat dalam hal pengembangan SKI di lingkungan PTMA. (DN/KSU)

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/