Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bukan Hanya Soal Dana

Oleh :
KSU UMJ Editor

Penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh sivitas akademika UMJ bukan hanya mempertimbangkan persoalan kebutuhan dana. Kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan selain bermanfaat untuk masyarakat, tetapi dapat membesarkan nama Universitas Muhammadiyah Jakarta. Hal ini ditegaskan oleh Ketua LPPM UMJ, Prof. Dr. Ir Tri Yuni Hendrawati dalam “Workshop Sosialisasi Hibah RisetMu Pengisian Produk & Prototype pada SINTA 3,” pada Selasa (09/8/22)

“Dalam bermuhammadiyah, kita tidak hanya mempertimbangkan tentang uang atau salary. Tetapi, bagaimana kita bisa memberikan amalan jariyah atau ibadah dalam proses membesarkan nama UMJ dan mendidik mahasiswa,” imbuhnya.

Muhammadiyah secara konsisten mendukung pengembangan ilmu pengetahuan, hal itu dibuktikan melalui Majelis Diklitbang Pusat Muhammadiyah mengadakan program hibah RisetMu Batch VI untuk dosen di seluruh Pergururuan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (PTMA). Program ini dirancang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan baik di dalam tingkat atas sebagai pemangku kebijakan, universitas dan sivitas akademika PTMA sebagai pelaksana penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

UMJ sangat menyambut dengan diadakannya program hibah tersebut, untuk itu Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta (LPPM UMJ) menyelenggarakan sosialisasi sebagai bentuk komitmen UMJ dalam mendukung serta menjalankan Catur Dharma Perguruan Tinggi yakni penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Selain Tri Yuni, narasumber dalam sosialisasi tersebut adalah Amin Shabana, S.sos., M.Si., Dosen ilmu komunikasi pemenang hibah RisetMu batch V.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh LPPM UMJ pada program sebelumnya, UMJ berhasil mendapatkan sebanyak 13 (tiga belas) pemenang.  11 (sebelas) diantaranya dengan skema penelitian dasar, 1 (satu) dalam skema manuskrip ilmiah, dan 1 (satu) skema pengabdian masyarakat.

Tri Yuni mengawali kegiatan workshop tersebut dengan memberikan sosialisasi tentang program “Hibah Riset Muhammadiyah Batch VI”. Ada beberapa hal yang disampaikan seperti; perkembangan hibah RisetMu, target RisetMu, skema hibah RisetMu batch VI, ketentuan umum, mekanisme pelaksanaan, dan timeline hibah RisetMu.

Kemudian, pemaparan dilanjutkan oleh Amin Shabana yang memberikan pengalamannya menjadi pemenang dalam RisetMu batch V. Ia menyampaikan bagaimana mekanisme pelaksanaan, subtansi, dan teknis proposal yang diajukan dalam program hibah RisetMu sebelumnya.

Terakhir, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan dan praktek pengisian produk dan prototype pada SINTA 3. (FZ)

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/