TVMu Edukasi Maba UMJ Agar Bijak Bermedia Sosial

Oleh :
Nadiva Rahma
Direktur Utama TVMu, Dr. Makroen Sanjaya, M.Sos., saat menjadi narasumber (Foto : KSU/Alvin Lazuardy)

Televisi Muhammadiyah (TVMu) bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menggelar seminar Televisi Digital dengan tema Gen Z dan Masa Depan Penyiaran yang diikuti oleh mahasiswa baru (maba) 2023 Universitas Muhammadiyah Jakarta pada Rabu, (20/09/2023) di Gedung Cendekia UMJ. Seminar ini digelar dalam rangkaian program TVMu Goes to Campus UMJ yang diselenggarakan TVmu dalam rangka memperingati Milad satu dekade.

Direktur Utama TVMu, Dr. Makroen Sanjaya, M.Sos., memperkenalkan TVMu kepada mahasiswa baru. TVMu merupakan bagian dari penyiaran TV nasional swasta. Saat ini TVMu sudah beredar di beberapa wilayah yaitu Jabodetabek, Banten, dan Bandung. “mudah-mudahan TVMu dapat jauh lebih berkembang dengan dukungan para mahasiswa,” jelas Makroen.

Dilanjutkan dengan narasumber kedua, Mulkan Habibie, S.Kom.I., M.I.Kom., yang memaparkan tentang cerdas mengkonsumsi media. Mulkan mengatakan strategi yang perlu dilakukan dalam menggunakan media sosial adalah cerdas dan bijak. Berdasarkan survey pada tahun 2021, sebanyak 88% anak usia 5 tahun ke atas sudah megkonsumsi media internet. Dari 88% pengguna internet, yang paling banyak diakses adalah media sosial.

Dr. Makroen Sanjaya, M.Sos., saat pemberian hadiah lomba presenter, dan kuis kepada pemenang di Gedung Cendekia UMJ, Rabu (20/09/2023).

Generasi Z sangat identik dengan teknologi, bukan hanya sebagai pengakses tetapi juga lihai dalam menjalankan teknologi. Menurut beberapa survey, generasi Z memiliki karakteristik sikap peduli terhadap isu global. Namun, generasi Z juga memiliki kelemahan yaitu cenderung individualis dan ketergantungan dengan teknologi.

“Kalau anda tidak tidak bijak memanfaatkan media, itu justru bukan berpengaruh baik. Indikator mahasiswa adalah intelektual, oleh karena itu infromasi yang anda terima harus Tabayyun (meneliti suatu berita). Mari cerdas di dalam memilih media, mulai hari ini gunakan internet untuk kebutuhan yang bermanfaat untuk masa depan,” pungkas Mulkan.

Menutup pembicaraan, Mulkan berpesan kepada seluruh mahasiswa. “Berhati-hatilah dengan sumber informasi yang anda terima, karena itu akan menjadi pikiranmu. Berhati-hatilah dengan pikiranmu karena itu akan menjadi ucapanmu,” tegas Mulkan. Selain seminar, kegiatan ini juga diisi dengan coaching clinic, lomba presenter, dan kuis.

Editor : Dian Fauzalia