Dosen FH UMJ Jadi Profesor Tamu di Osaka University Jepang

Oleh :
Dinar Meidiana
Dosen FH UMJ Jadi Profesor Tamu di Osaka Unversity Jepang
Prof. Dr. Ibnu Sina Chandranegara, MH.(kedua dari kiri), saat memberikan kuliah sebagai profesor tamu dalam program winter course di Osaka University, Jepang, November 2023. (Foto : Dok.Pribadi)


Dosen Fakultas Hukum Universitas Muhamadiyah Jakarta (FH UMJ) Prof. Dr. Ibnu Sina Candranegara, MH., menjadi Profesor tamu di Osaka University, khususnya Departement Constitutional Law Graduate School and Politics. Kunjungannya ke Osaka University Jepang dalam rangka mengikuti program Winter Course yang berlansung selama kurang lebih satu bulan pada November 2023.

Baca juga : FH UMJ Gelar Kuliah Umum Kaji HAM dari Berbagai Perspektif

Kunjungannya ke Osaka University untuk memenuhi undangan yang diterimanya pada Agustus 2023 dari Head of Department Constitutional Law Graduate School and Politics Prof. KATAGIRI Naoto, untuk membahas topik mengenai ASEAN Comparative Constitutions and Rule of Law.

Prof. Dr. Ibnu Sina Chandranegara, MH., di Osaka University, Jepang, pada November 2023.
Prof. Dr. Ibnu Sina Chandranegara, MH., di Osaka University, Jepang, pada November 2023.

Ibnu Sina menjadi satu dari beberapa profesor tamu dari luar Jepang yang turut diundang di antaranya National University of Singapore, University of Hongkong dan Griffith University. Para profesor tamu umumnya merupakan anggota International Association for Court Administration (IACA).

Sementara itu, mahasiswa yang bergabung dalam kegiatan visiting professor merupakan mahasiswa yang memiliki fokus peminatan pada bidang court and democracy (pengadilan dan demokrasi). Ibnu menerangkan bahwa pada rangkaian program winter course tersebut topik yang dibahas seputar gagasan dan publikasi yang relevan dengan perkembangan judicial independence di regional Asia Tenggara dan Asia Pasifik.

“Kegiatan berjalan baik, ini bentuk kolaborasi dan persahabatan yang saya bangun sejak lama dan juga tergabung dalam IACA sejak 2014. Saya akan kembali lagi pada waktu-waktu mendatang dan menjalin hubungan yang baik dengan kolega-kolega saya di luar dan membawa manfaat bagi FH UMJ,” ungkap Ibnu saat dimintai keterangan melalui pesan singkat pada Jumat (12/01/2024).

Dalam kegiatan yang dilakukan melalui seminar, Guru Besar Ilmu Hukum termuda dari FH UMJ ini menyampaikan hasil risetnya tentang Judicial Politics in ASEAN, dan beberapa hal yang menjadi fokus kajiannya seputar praktik-praktik aktif peradilan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan politik.

Editor : Tria Patrianti

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/