Editor Media Digital Kompas.tv Latih Tendik UMJ Menulis Berita

Oleh :
Fazri Maulana
Wakil Rektor II UMJ Dr. Mutmainah, MM., bersama Deni Muliya Barus, M.I.Kom., Editor Media Digital Kompas.tv dalam Pelatihan Kepenulisan Kehumasan bagi Tendik di Ruang Rapat, Gedung Perintis, Rektorat Lama Lt.1, Jumat (7/6/2024).
Wakil Rektor II UMJ Dr. Mutmainah, MM., bersama Deni Muliya Barus, M.I.Kom., Editor Media Digital Kompas.tv saat Pelatihan Kepenulisan Kehumasan bagi Tendik di Ruang Rapat, Gedung Perintis, Rektorat Lama Lt.1, Jumat (7/6/2024). (Foto : KSU/Fazri Maulana)

Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) mengadakan Pelatihan Kepenulisan Kehumasan bagi Tendik di Ruang Rapat Gedung Perintis, Rektorat Lama Lt.1, Jumat (7/6/2024). Pelatihan ini menghadirkan Deni Muliya Barus, M.I.Kom., Editor Media Digital Kompas.tv sebagai narasumber tunggal.

Baca juga : Pelatihan Kehumasan UMJ Hadirkan 3 Praktisi

Wakil Rektor II UMJ Dr. Mutmainah, MM. menyatakan, pasca mendapatkan akreditasi Unggul, seluruh kegiatan UMJ dilihat oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Oleh karena itu, seluruh civitas akademika UMJ perlu menjalankan fungsi kehumasan untuk meningkatkan citra dan reputasi.

“Kemanapun kita berada harus mensosialisasikan UMJ, segala tutur kata, perilaku, semua itu tercatat sebagai bagian dari universitas. Perbuatan negatif yang kita lakukan pasti akan disorot lembaganya,” tutur Mutmainah saat membuka Pelatihan Kepenulisan Kehumasan.

Ia menilai pelatihan ini sangat penting dan diperlukan oleh Tenaga Kependidikan (Tendik) yang melaksanakan fungsi kehumasan. Menurutnya, hal ini menjadi bagian dalam meningkatkan kompetensi tendik.

“Kepenulisan berita kehumasan adalah tugas kita semua dalam memberikan informasi kepada masyarakat. Melalui sedikit kalimat, orang dapat memahami informasi. Ini perlu teknik dan dan pelatihan, karena semua orang pasti bisa jika berlatih,” tambahnya.

Pada sesi pelatihan, Deni memfasilitasi tenaga kependidikan dari setiap fakultas untuk coaching clinic. Para peserta berkonsultasi terkait dengan kendala dan hambatan dalam menulis berita. Deni menekankan tiga hal sebelum menulis press release maupun berita yaitu baca, riset, dan ulas kembali hasil tulisan.

“Jika tidak sering membaca, bagaimana kita bisa menulis? Kemudian, riset agar kita tidak kosong dan blank. Terakhir, biasakan selalu membaca ulang untuk meminimalisir kesalahan dalam menulis,” ungkap Deni saat diwawancarai usai kegiatan.

Ia juga mengatakan kegiatan penulisan kehumasan yang diikut oleh Tendik dari setiap Fakultas UMJ sangat penting untuk dilakukan. “Dalam konteks koordinasi ini penting sekali. Teknis pembuatan berita tidak hanya dilakukan oleh tim public relations saja, tetapi juga bisa dilakukan tendik,” pungkas Deni.

Pelatihan Kepenulisan Kehumasan bersama Deni Muliya Barus akan digelar kembali pada Jumat (14/06/2024).

Editor : Dinar Meidiana


id_IDIndonesian