YLS UMJ Latih Kemampuan Public Speaking Melalui Webinar dan Bedah Buku

Oleh :
Fazri Maulana
YLS UMJ Latih Kemampuan Public Speaking Melalui Webinar dan Bedah Buku
Mahasiswa YLS UMJ saat menggelar Webinar dan Bedah Buku Secara Daring Melalui Zoom Meeting, Sabtu (10/2/2024). (Foto: SS Zoom meeting)

Mahasiswa Youth Leader Scholarship Universitas Muhammadiyah Jakarta (YLS UMJ) Angkatan 2022 kembali menggelar simulasi sebagai luaran dari Public Speaking Class secara daring, Sabtu (10/02/2024). Sebelumnya simulasi dilakukan dalam bentuk Model Diskusi Publik, sementara kali ini dibuat dalam dua kegiatan yaitu Webinar dan Bedah Buku.

Baca juga : Belajar Public Speaking, YLS UMJ Gelar Simulasi Diskusi Publik

Kegiatan tersebut merupakan program mentoring bagi mahasiswa penerima beasiswa YLS. Webinar bertajuk Keterbukaan dan Akuntabilitas Menuju Pemilihan  yang Adil dan Transparan ini melibatkan mahasiswa YLS yang memainkan peran sebagai narasumber, moderator, hingga pembawa acara.

Narasumber dalam webinar ini yaitu Faqih Rabbani mahasiswa penerima beasiswa YLS UMJ dan Ketua Himpunan Mahasiswa Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (HIMAPOL FISIP UMJ) Mukhlis Ali Musthafa. Kedua narasumber memaparkan tantangan dan solusi dalam mencapai keterbukaan serta peran generasi muda dalam proses pengawasan pemilihan umum yang adil dan transparan.

Faqih memberikan pandangannya tentang tantangan dan solusi dalam mencapai keterbukaan dan akuntabilitas dalam proses pemilihan. “Keterbukaan dan akuntabilitas bukan hanya tentang transparansi, tetapi juga tentang membangun kepercayaan masyarakat pada proses politik,” ujar Faqih.

Sementara itu, Mukhlis menegaskan bahwa generasi muda memiliki peran penting dalam menjaga proses pemilihan yang adil dan transparan. “Kita sebagai generasi muda memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan proses pemilihan yang berintegritas demi masa depan bangsa,” ungkap Mukhlis.

Dalam rangkaian yang sama, kelas ini juga melakukan Model Bedah Buku Psychology Of Money. Buku tersebut merupakan buku non-fiksi karya penulis Morgan Housel yang menggambarkan tentang psikologi seseorang memiliki pengaruh besar terhadap kondisi keuangannya.

Mansur salah satu mahasiswa penerima beasiswa YLS mengaku kegiatan ini sangat membantu melatih kepercayaan diri dan kemampuan public speaking. Tidak hanya itu, ia mengatakan diskusi ini juga membantu menambah wawasan baru mengenai kepemiluan dan keuangan.

“Kegiatan webinar dan bedah buku ini sangat bernilai karena hal ini memungkinkan terciptanya dialog dan pertukaran gagasan untuk menambah pemahaman dan perspektif kita,”tutur Mansur.

YLS merupakan program beasiswa unggulan UMJ yang diperuntukkan bagi yang pernah menjabat sebagai Ketua atau Sekretaris OSIS. Program ini menyediakan fasilitas biaya kuliah dan pelatihan pengembangan diri yaitu Writing Intensive Class, Qur’an Intensive Class, Public Speaking Class, dan Nahwu Sharraf Class.

Editor : Dinar Meidiana