Peringati Hari Kesehatan Nasional 2023, BEM FKM UMJ Lakukan Pengabdian Masyarakat

Oleh :
Dinar Meidiana
Peringati Hari Kesehatan Nasional 2023, BEM FKM UMJ Lakukan Pengabdian Masyarakat
BEM FKM UMJ bersama Kader Posbindu Dhalia, di Kp. Rawabuntu RT. 008 Kec. Serpong, Sabtu (12/11/2023). (Foto : BEM FKM)

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional setiap 12 November, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta (BEM FKM UMJ) menggelar aksi pengabdian kepada masyarakat dikemas dalam program HKN Celebration. Aksi dilakukan selama dua hari yaitu 28 Oktober dan 12 November 2023, di dua lokasi berbeda.

Baca juga : Dosen FKM UMJ Jadi Narasumber Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke 59

Berdasarkan keterangan dari siaran pers BEM FKM UMJ, program pengabdian masyarakat mengusung tema  Two Days To Get Healthier and More Beneficial for Us and Society, merupakan wadah aktualiasi ilmu pengetahuan dan keterampilan mahasiswa.

Rangkaian acara diawali dengan cek kesehatan gratis yang dilakukan pada Sabtu (28/10/2023). BEM FKM UMJ berkolaborasi dengan ERDAMS FKM UMJ, relawan, dan Karang Taruna Bhineka memberikan pelayanan cek kesehatan bagi 47 orang yang merupakan warga di sekitar Jl. Bhineka RW 01, Kel. Ciputat, Kec. Ciputat, Tangerang Selatan.

Sementara itu pada hari kedua, Sabtu (12/11/2023), para mahasiswa berkolaborasi dengan Kader Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Dahlia memberikan penyuluhan DBD (Demam Berdarah Dengue), bagi warga sekitar Kp. Rawabuntu RT. 008 Kec. Serpong.

Wakil Dekan 3 FKM UMJ Suherman, S. Pi., M. Sc., Ph.D., memberikan sambutan sekaligus membuka acara tersebut. Suherman, S. Pi., M. Sc., Ph.D menyambut baik kegiatan yang digelar oleh BEM FKM UMJ dan mengungkapkan rasa terima kasih kepada para pihak yaitu RT, RW, Kader Posbindu, dan warga sekitar yang turut bekerja sama.

“Hari Kesehatan Nasional bukan hanya perayaan pertambahan usia semata namun juga sebagai momentum bagi kita semua untuk terus berbenah melakukan transformasi pada sistem kesehatan di tanah air,” ungkap Suherman saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara secara resmi, Sabtu (12/11/2023).

Warga juga mendapatkan penyuluhan yang berkaitan dengan cara menjaga lingkungan agar terbebas dari nyamuk DBD. Para mahasiswa mengajak warga untuk melakukan cek jentik nyamuk di beberapa rumah yang dijadikan sampel.

Pemilik rumah yang dijadikan sampel untuk cek jentik juga diberikan edukasi tentang tempat-tempat nyamuk berkembang biak. Selain itu warga juga mendapatkan bubuk abate disertai edukasi tata cara penggunaannya.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Ketua Kader Posbindu Dahlia ibu Halimah, ketua RT, Kader kader posbindu dan peserta penyuluhan. Para mahasiswa mengakhiri kegiatan dengan menyerahkan cendera mata berupa tanaman kemangi yang bermanfaat mengusir nyamuk.

Editor : Dian Fauzalia

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/