FIP UMJ Kukuhkan 192 Lulusan PPG Tahun 2023

Oleh :
Nadiva Rahma
FIP UMJ Kukuhkan 192 Lulusan PPG Tahun 2023
Pelaksanan pengambilan sumpah profesi bagi lulusan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan kategori 1 gelombang 2 dan Pra Jabatan gelombang 1 tahun 2022, Sabtu, (27/11/2023) di Aula FEB UMJ. (Foto : KSU/Alvin Lazuardy)

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIP UMJ) kembali mengukuhkan dan angkat sumpah profesi 192 lulusan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan kategori 1 gelombang 2 dan Pra Jabatan gelombang 1 tahun 2022. Kegiatakan diselenggarakan di Aula FEB UMJ, Sabtu, (25/11/2023).

Baca juga : FIP UMJ Selenggarakan Tes PPG Prajabatan

Peserta pengukuhan dan pengambilan sumpah profesi guru ini merupakan guru yang sudah lulus PPG, baik dalam jabatan maupun pra jabatan. Peserta PPG pra jabatan merupakan mahasiswa yang baru lulus S1 kependidikan dan memiliki minat yang kuat untuk menjadi guru profesional. Selain itu, kegiatan ini juga diikuti oleh guru yang sudah berpengalaman mengajar hingga puluhan tahun, namun belum memiliki sertifikat pendidik sesuai dengan amanat Undang-undang Guru dan Dosen No. 14 tahun 2005.

Adapun peserta terdiri dari lulusan retaker PPG dalam jabatan tahun 2021 berjumlah 5 peserta, lulusan retaker PPG dalam jabatan kategori 1 gelombang 1 tahun 2022 13 peserta, lulusan retaker PPG dalam jabatan kategori 2 tahun 2022 11 peserta, lulusan PPG dalam jabatan kategori 1 gelombang 2 tahun 2022 110 peserta, dan lulusan PPG pra jabatan gelombang 1 tahun 2022 53 peserta.

Prof. Dr. Herwina Bahar, M.A, dosen FIP UMJ yang juga menjabat Koordinator PPG mengatakan bahwa Program PPG sebagai syarat menjadi guru profesional, “Program PPG merupakan program pendidikan yang diselenggarakan untuk guru dalam jabatan untuk memenuhi syarat sebagai guru profesional yang dapat melahirkan generasi baru guru-guru Indonesia yang memiliki panggilan hati menjadi guru profesional, berkomitmen menjadi teladan, cinta terhadap profesi, dan pembelajar sepanjang hayat,” papar Herwina.

Pada kesempatan yang sama, Dekan FIP UMJ, Prof. Dr. Iswan, M.Si., menjelaskan bahwa penyelanggaraan pengukuhan dan pengambilan sumpah program PPG ini merupakan kebijakan yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudaya, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) kepada UMJ sebagai salah satu Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang mendapat izin untuk menyelenggarakan program PPG, dari 78 perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Sejak tahun 2017 dan 2018 UMJ telah menyelenggarakan PPG Pra Jabatan dan dilanjutkan dari tahun ke tahun PPG Dalam Jabatan hingga saat ini.

“PPG itu adalah wajib bagi guru yang dianggap sudah professional. Kalau tamat S1 saja di pendidikan belum dianggap sebagai guru yang benar-benar memiliki sim mengajar. Maka dengan mengikuti PPG ini, guru yang diambil sumpahnya akan mendapatkan sertifikat pendidikan dan gelar tambahan yang dianggap sudah profesional ,” ungkap Iswan.

Pelaksanaan pengambilan sumpah profesi guru dilaksanakan bertepatan dengan peringatan hari guru nasional. Tentu ini menjadi moment yang lebih bermakna bagi para lulusan Program PPG dalam menerima sertifikat penghargaan sebagai guru professional.

Editor : Dian Fauzalia

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/