Teknik Sipil FT UMJ Adakan Pelatihan Sertifikasi Tenaga Terampil Konstruksi

Oleh :
Humas FT
Dosen Prodi Teknik Sipil FT UMJ Dr. Mohammad Imamuddin, S.T., M.T. (kanan) saat menyerahkan plakat kenang-kenangan ke Dinas BMSDA Kota Bekasi di Gedung Sumber Daya Air Kota Bekasi, Selasa (24/10/2023).
Dosen Prodi Teknik Sipil FT UMJ Dr. Mohammad Imamuddin, S.T., M.T. (kanan) saat menyerahkan plakat kenang-kenangan ke Dinas BMSDA Kota Bekasi di Gedung Sumber Daya Air Kota Bekasi, Selasa (24/10/2023). (Foto : Dok. FT UMJ)

Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FT UMJ) mengadakan pelatihan dan sertifikasi tenaga terampil konstruksi bekerja sama dengan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) kota Bekasi, Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) ATAKI Konstruksi Indonesia dan PT. KCKN yang diikuti oleh 120 peserta dari bidang konstruksi kota Bekasi, di Gedung Sumber Daya Air, Bekasi, Selasa (24/10/2023).

Baca juga : FT UMJ Terima Kunjungan SMK Muhammadiyah 03 Sumatera Selatan

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang terampil konstruksi dan pentingnya sertifikasi. “Semoga pelatihan ini memberikan keberkahan untuk kita semua dan membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Harapan saya adanya pelatihan ini kita bisa lulus bersama, dapat diikuti dengan baik dan semua dapat terlatih,” Hal ini disampaikan oleh Dr. H. Berryan Aulia Umam Jayanegara, S.T., M.M., M.S., selaku penanggung jawab Walikota Bekasi dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan.

PJ Walikota Bekasi Dr. H. Berryan Aulia Umam Jayanegara, S.T., M.M., M.S., (tengah kanan), Kepala Dinas BMSDA Kota Bekasi, H. Muhammad Solikhin, S. SIT., M.M., (tengah), Dosen Program Studi Teknik Sipil FT UMJ, Dr. Mohammad Imamuddin, S.T., M.T,(kanan) dan para peserta pelatihan dan sertifikasi tenaga terampil konstruksi di Gedung Sumber Daya Air, Bekasi, Selasa (24/10/2023).

Pada kesempatan yang sama, Ketua LSP ATAKI, Apriyan, S.T., M.T., mengatakan bahwa sertifikasi ini bisa dimiliki atau diajukan dari pelatihan ataupun pengalaman. “Sertifikasi kompetensi ini menunjukan bahwa Bapak dan Ibu mampu melaksanakan terkait dengan pekerjaannya,” ujar Apriyan. Beliau juga menegaskan bahwa tenaga kerja konstruksi harus memiliki sertifikasi sesuai dengan Undang-Undang tahun 2017 tentang jasa konstruksi.

“Saya berharap semua peserta yang mengikuti kegiatan ini bisa diberikan rekomendasi kompeten oleh asesor,” ucap Apriyan menyampaikan harapannya.

Kegiatan ini akan berlangsung sejak tanggal 24 hingga 31 Oktober 2023. Peserta yang mengikuti kegiatan akan diberikan materi selama satu hari penuh seputar konstruksi, kemudian akan di Assesment oleh LSP ATAKI secara bergilir berdasarkan bidang keahlian yang dimiliki.

Turut hadir Kepala Dinas BMSDA Kota Bekasi, H. Muhammad Solikhin, S. SIT., M.M., Dosen Program Studi Teknik Sipil FT UMJ, Dr. Mohammad Imamuddin, S.T., M.T., dan Andika Setiawan, S.T., M.T., dan mahasiswa Prodi Teknik Sipil FT UMJ, Nila Sekar Mahdiani dan Firda Rachma Dewi.

Penulis : Ariesta Dwi Utami
Editor : Dian Fauzalia