Prodi KPI UMJ Adakan Pembekalan Magang Profesi Mahasiswa

Oleh :
Dian Fauzalia
Prodi KPI UMJ Adakan Pembekalan Magang Profesi Mahasiswa
kiri ke kanan Dr. Hadiyan, M.A. (Kaprodi KPI), Indriyani Idris, M.I.Kom. (Moderator), Dr. Tria Patrianti, M.I.Kom (Kepala KSU UMJ) dan Drs. Donny Kurniawan, M.I.Kom (Dosen FISIP UMJ, Praktisi SCTV dan Indosiar) saat pemaparan materi pembekalan magang profesi mahasiswa di ruang rapat Rektorat Gedung Printis II UMJ, Kamis (26/10/2023). (Foto Dok.Pribadi)

Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Agama Islam (KPI FAI) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) mengadakan pembekalan magang profesi bagi mahasiswa semester VII di ruang rapat Rektorat Gedung Perintis II UMJ, Kamis (26/10/2023). Acara yang mengusung tema “Memperluas Jejaring Kerja Lulusan Komunikasi dan Penyiaran Islam” ini dibuka oleh Dekan FAI Dr. Sopa, M.Ag dan didampingi oleh Kaprodi KPI Dr. Hadiyan, M.A serta beberapa dosen prodi. Kepala Kantor Sekretariat Universitas (KSU) UMJ Dr. Tria Patrianti, M.I.Kom dan praktisi penyiaran dari SCTVIndosiar Drs. Donny Kurniawan, M.I.Kom., menjadi narasumber di acara yang dimoderatori Indriyani Idris, M.I.Kom. Kedua narasumber yang juga dosen Prodi Ilkom ini, memberikan kiat berkomunikasi efektif dan tips praktis saat magang .


Baca juga : Kampusiana Goes to Campus Gelar Seminar Kepenulisan dengan FAI UMJ

“Mahasiswa diharapkan siap merasakan langsung praktik di dunia industri” ungkap Dr. Hadiyan, M.A saat memberikan sambutan.

Beberapa mitra memberikan ruang magang bagi 47 mahasiswa KPI FAI UMJ. Mitra tersebut antara lain, TVMuh, Baznas TV, PKB TV, Humas Kementrian Agama, Bidang Studio Audio Visual BBPPMPV pertanian Cianjur, Kantor Sekretariat Universitas Muhammadiyah Jakarta, Kompasiana dan Baitul Mal Umat Islam (BAMUIS).

Sebagai narasumber pertama, Dr. Tria Patrianti, M.I.Kom menjelaskan bahwa kesempatan ini menjadi peluang mahasiswa untuk menjadikan mitra sebagai laboratorium dan melatih kemampuan berkomunikasi secara efektif. Selain itu sikap mental dan attitude juga menjadi penilaian, “Attitude dapat merubah segalanya, persaingan justru bisa dilihat jika yang satu attitudenya baik” ungkap Tria saat memberikan pemaparan.

Prodi KPI mempunyai kelebihan dari prodi komunikasi pada umumnya karena mendapatkan kuliah Bahasa Arab dan hal tersebut merupakan skill yang harus diasah. “ Di tempat saya, ada satu orang yang fasih berbahasa Arab. Ketika ada peliputan di Timur Tengah, pasti dia yang dikirim ke sana”, ungkap Donny saat menjadi narasumber kedua.

Dr. Hadiyan, M.A menjelaskan bahwa prodi sudah melakukan beberapa persiapan untuk magang profesi ini, “Persiapan yang dilakukan prodi antara lain, koordinasi dengan mahasiswa, persamaan persepsi dengan mahasiswa dan dosen, komunikasi dengan mitra, kemudian pelaksanaan, evaluasi dan penutupan”, tutur Hadiyan saat diwawancara seusai acara.

Hadiyan menambahkan bahwa magang ini berdampak positif. Mitra bersedia jika dilibatkan dalam kegiatan pelatihan, “Contohnya Kompasiana, mereka siap untuk dilibatkan kegiatan yang dikerjasamakan dalam konteks Tri Dharma atau Catur Dharma perguruan tinggi dan Kompasiana Goes To Campus pernah datang ke UMJ”, ungkap Hadiyan.

Winda sebagai salah satu mahasiswa prodi KPI di KSU mengungkapkan harapannya bahwa kewajiban magang ini dapat memperluas jaringan kerja, “Semoga dengan diadakannya magang profesi ini dapat membuka jaringan kerja lulusan sesuai dengan skill yang dimiliki, manambah pengalaman dan mengembangkan bakat”, ungkap Winda saat diwawancara seusai acara.

Editor : Tria Patrianti