Kampusiana Goes to Campus Gelar Seminar Kepenulisan dengan FAI UMJ

Oleh :
Dinar Meidiana
Kampusiana Goes to Campus
Cindy Carneta (Kompasiana Youth Creator) dan Adelaide Rizqy Ellionas (Mahasiswa FAI UMJ), saat sesi talkshow dalam Kampusiana Goes to Campus, di Aula FEB UMJ, Selasa (21/03/2023).

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta dorong mahasiswa untuk aktif menulis melalui seminar kepenulisan yang digelar dalam rangka Kampusiana Goes to Campus, di Aula FEB UMJ Selasa (21/02/2023). Kegiatan tersebut merupakan kunjungan ke tiga dari tindak lanjut perjanjian kerja sama antara FAI UMJ dengan Kompasiana yang disepakati pada Februari 2023 lalu.

Wakil Dekan I FAI UMJ Busahdiar, MA., mendukung dan mengapresiasi kegiatan Kampusiana Goes to Campus. “Keterampilan menulis ini masuk softskill yang sangat bermanfaat untuk mahasiswa dan akan menjadi informasi pada Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) bekal mereka akan bekerja nanti,” kata Busahdiar saat menyampaikan sambutan.

Sementara itu Chief Operating Officer Nurulloh menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan respon Kompasiana atas antusiasme kalangan milenial di antaranya mahasiswa dalam dunia menulis dilihat dari jumlah tulisan yang dipost di Kompasiana.

“Konten-konten tulisan dari kalangan perguruan tinggi, termasuk mahasiswa, bisa menjadi sangat bermanfaat untuk dikonsumsi oleh public,” imbuhnya. Nurulloh menambahkan bahwa tidak semua konten yang beredar di media sosial itu bagus, karenanya perlu diimbangi dengan konten-konten yang positif.  

Acara yang dihadiri oleh ratusan Mahasiswa Fakultas Agama Islam ini dikemas dengan konsep talkshow interaktif. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan energi positif kepada mahasiswa agar lebih aktif dalam menulis konten positif yang dapat memberikan manfaat kepada masyarakat.

Baca Juga : FAI UMJ Gandeng Kompasiana Dorong Mahasiswa Asah Literasi Digital

Hamli Syaifullah (Dosen FAI UMJ), Widha Karina (Content Superintendent Kompasiana), Cindy Carneta (Kompasiana Youth Creator) dan Adelaide Rizqy Ellionas (Mahasiswa FAI UMJ), dihadirkan sebagai narasumber. Hamli Syaifullah dan Widha Karina secara bergantian memberikan pencerahan kepenulisan kepada audiens yang disambut banyak pertanyaan dari mahasiswa.

Hadirnya dua mahasiswa dalam deretan narasumber semakin memotivasi para mahasiswa dalam menulis konten yang baik dan efektif untuk disampaikan pada khalayak. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan para pembicara mengenai cara menghasilkan ide-ide segar dan kreatif dalam menulis konten positif.

“Sangat bermanfaat bagi mahasiswa Fakultas Agama Islam, terutama dalam meningkatkan kemampuan menulis dan menghasilkan konten yang positif. Kami berharap acara ini dapat memberikan inspirasi dan energi positif bagi para mahasiswa agar dapat memberikan kontribusi positif kepada masyarakat melalui tulisan dan karya-karya,” kata Nadia, salah satu mahasiswa peserta Kampusiana Goes to Campus.

Dengan adanya acara Kampusiana Goes to Campus, diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi para mahasiswa untuk lebih aktif dalam menulis konten positif dan memberikan ide-ide segar yang dapat bermanfaat bagi masyarakat luas. Selain itu, diharapkan pula dapat meningkatkan kesadaran dan pentingnya penulisan konten positif yang dapat membentuk sikap dan karakter positif bagi masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut hadir civitas akademika FAI UMJ yaitu Wakil Dekan II Dra. Romlah, M. Pd., Wakil Dekan III, Nurhadi, MA., Ketua Prodi, dosen, dan 236 mahasiswa. Selain itu sebanyak 13 orang tim Kompasiana turut hadir di antaranya Asst. Manager Marcomm Kompasiana, Ramanda Maryudie, Community Lead Kompasiana, Kevinalegion, Community Lead Kompasiana, Marcomm Head Kompas.com, Mohammad Zainal, dan Marcomm Kompasiana, Rahmi Izati. (DN/KSU)

Ed. (BDM/KSU)