FH UMJ Gelar Pendidikan Khusus Profesi Advokat Angkatan 12

Oleh :
Dinar Meidiana
FH UMJ Gelar Pendidikan Khusus Profesi Advokat Angkata 12
Dr. Dwi Putri Cahyawati, MH. (tengah), M. Rusdi Daud, SH., MH. (tengah kiri), Tubagus Heru Dharma Wijaya, SH.,MH. (tengah kanan), bersama peserta PKPA FH UMJ Angkatan 12 di Aula FH UMJ, Sabtu (07/10/2023).(Foto : Dinar Meidiana)

Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Jakarta (FH UMJ) selenggarakan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) Angkatan ke 12 pada Oktober 2023. Pendidikan yang digelar bagi Sarjana Hukum ini dilaksanakan secara daring setiap akhir pekan sebanyak delapan kali pertemuan.

Baca juga : FH UMJ Kerja Sama dengan Kantor Pengadilan Agama Jakarta Barat

Bekerja sama dengan Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI), PKPA FH UMJ menyuguhkan materi-materi yang bermuatan praktis dan empiris dibimbing oleh para ahli dan praktisi di bidang hukum. Ketua Pelaksana Tubagus Heru Dharma Wijaya, SH.,MH., menyatakan bahwa PKPA FH UMJ berupaya untuk memberikan ruang bagi Sarjana Hukum yang ingin fokus pada profesi advokat.

Sederet nama menjadi pembicara dalam PKPA FH UMJ, mulai dari Prof. Dr. Zainal Arifin Hoesein, SH., MH. (Akademisi/Ketua Basyarnas), Dr. Chairul Huda, MH. (Dosen FH UMJ/ Ahli Hukum Pidana), Prof. Dr. Ibnu Sina Chandranegara, SH.,MH. (Dosen FH UMJ/Ahli Hukum Tata Negara), dan lain-lain.

PKPA menjadi salah satu tahap penting bagi calon advokat karena sertifikat kelulusan PKPA adalah prasyarat utama untuk mengikuti Ujian Profesi Advokat. Tubagus menerangkan bahwa materi-materi yang disuguhkan selama PKPA adalah bahan yang dapat dipelajari untuk mengisi soal-soal Ujian Profesi Advokat.

“Isu hukum selalu berkembang dan selalu ada bentuk baru. Maka isu-isu itu akan menjadi topik pembahasan materi yang dilihat dari berbagai perspektif misalnya hukum acara dan hak asasi manusia. Satu lagi, karena ini di UMJ maka materi tidak lepas dari nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan,” ungkap Tubagus saat dimintai keterangan pada Senin (16/10/2023).

Materi-materi yang dipelajari para peserta PKPA berkaitan dengan kode etik advokat, pendapat hukum dan uji kepatutan dari segi hukum, hukum acara persaingan usaha, hukum acara peradilan agama, dan lain-lain. PKPA dibuka pada 7 Oktober oleh Wakil Ketua Umum PERADI Dr. Shalih Mangara Sitompul, SH., MH. Hadir pula Dekan FH UMJ Dr. Dwi Putri Cahyawati, MH., dan Wakil Dekan II M. Rusdi Daud, SH., MH. 

Tercatat 20 orang mengikuti PKPA yang berasal dari beberapa wilayah yaitu Jabodetabek, Pulau Jawa, Palembang, dan Lampung. Tubagus berharap agar para peserta dapat mengikuti dengan seksama setiap pertemuan karena kehadiran merupakan salah satu indikator penilaian kelulusan. “Harapannya peserta PKPA mengikuti dengan fokus dan seksama, serta selanjutnya dapat mengikuti Ujian Profesi Advokat,” ungkapnya.

PKPA merupakan salah satu program atas disepakatinya kerja sama antara FH UMJ dengan PERADI sejak 2012. PKPA diselenggarakan setidaknya satu kali dalam setahun, bahkan pernah sampai dua kali dalam setahun. PKPA Angkatan12 ini dimulai pada 7 Oktober 2023 dan berakhir pada 28 Oktober 2023.  

Editor : Dian Fauzalia

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/