Beragam Ketahanan Pangan di Hari Bermuhammadiyah

Oleh :
Nadiva Rahma
Ketahanan Pangan dalam Perspektif Hari Bermuhammadiyah VII
Kiri ke kanan, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dr. H. Anwar Abbas, MM., M.Ag., Rektor UMJ Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si., dan Dekan Ftan UMJ Dr. Ir. Soelarno, M.Si., dalam acara Hari Bermuhammadiyah (HBM) Ke-VII di Masjid At-Taqwa UMJ, Sabtu (28/10/2023). (Foto : KSU/Alvin Lazuardy)

Kegiatan Hari Bermuhammadiyah ke-VII baru saja diselenggarakan di Masjid At-Taqwa UMJ, Sabtu (28/10/2023). Gelaran kali ini dimotori oleh Fakultas Pertanian (FTan UMJ) dan mengusung tema  “Muhammadiyah Menggerakkan Generasi Berprestasi Untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan Indonesia”.

Baca juga : Menebar Islam dengan Gembira di Hari Bermuhammadiyah 6

Dekan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Jakarta, Dr. Ir. Soelarno, M.Si., dalam sambutannya  menyampaikan bahwa tidak ada satupun dalam kehidupan ini yang tidak berkaitan dengan dunia pertanian,  khususnya persoalan pangan. 

“Persoalan pangan ini sangat penting. Kita berharap persyarikatan Muhammadiyah ke depannya nanti bisa berperan memikirkan persoalan ketahanan pangan. Mudah-mudahan dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat membawa UMJ, khususnya Fakultas Pertanian, menjadi lebih unggul dan berkemajuan,” ujar Soelarno.

Senada dengan hal tersebut, Rektor UMJ Prof. Dr. Ma’mun Murod mengingatkan pentingnya pelaksanaan kegiatan Hari Bermuhammadiyah sebagai bagian dari penguatan kultur di Muhammadiyah. “Ketahanan pangan membutuhkan komitmen. Jika tidak ada komitmen maka tidak akan lahir ketahanan pangan,” tutur Ma’mun dalam sambutannya.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara UMJ dengan PT. MUGEN, yang akan memberangkatkan 2 mahasiswa FTan UMJ mengikuti program magang kerja ke Jepang. Tercatat total ada 18 mahasiswa FTan UMJ  yang lolos seleksi program ini dan akan diberangkatkan secara bertahap.

Penandatanganan MoU Universitas Muhammadiyah Jakarta dengan PT MUGEN dalam acara Hari Bermuhammadiyah ke-VII di Masjid At-Taqwa UMJ, Sabtu (28/10/2023).

Seperti gelaran sebelumnya, Hari Bermuhammadiyah ke-VII juga disemarakkan berbagai kegiatan. Salah satunya Sharring Session yang menghadirkan beberapa alumni FTan UMJ untuk berbagi pengalamannya, yaitu Ir. Basril Abbas (Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional), Suhendar, SP (Sekretaris Camat Bojongsari), Popi Palichan, SP. M.Si. (Kepala Pemberitaan MNC), dan Dr. Iim Muharam, M.Si. (Ketua Kelompok Pengembangan Kawasan Pertanian Biro Perencanaan Kementan RI).

Selain itu ada juga kegiatan ceramah agama oleh Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dr. H. Anwar Abbas, MM., M.Ag., yang menjelaskan tentang “Peran Muhammadiyah Dalam Menggerakkan Generasi Berprestasi untuk Ketahanan Pangan Indonesia”.

“Pendidikan yang diberlangsungkan di dunia pendidikan harus bisa menghijrahkan mentalitas mahasiswa. Saya inginnya ketika lulus nanti para mahasiswa ini jadi pengusaha, bukan karyawan,” ungkap Anwar Abbas.

Lebih lanjut Beliau menegaskan negara harus memiliki kemandirian terhadap pangan, bukan ketahanan pangan. Artinya, kita harus dapat menghasilkan pangan secara mandiri, tidak sekadar menjadi konsumen. “Di tengah persaingan yang luar biasa sekarang ini, tugas kita adalah mencetak lulusan yang kreatif. Untuk itu anak-anak ini harus didorong dan didukung agar bisa membuat inovasi,” tutur Anwar Abbas. 

Jamaah saat hadiri hari bermuhammadiyah ke- VII di Masjid At-Taqwa UMJ, Sabtu (28/10/2023).

Keseluruhan rangkaian acara berjalan dengan meriah. Tampak hadir juga jajaran Wakil Rektor UMJ, segenap sivitas akademika, dan masyarakat di lingkungan UMJ. Selain mengikuti sesi-sesi acara, pengunjung tampak memenuhi area bazar mahasiswa Pemenang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) yang menawarkan berbagai macam jenis produk.

Di akhir acara, pengunjung dibagikan sayur pokcoy gratis yang dihasilkan dari kebun hidroponik milik FTan UMJ.

Editor: Tria Patrianti

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/