PWA DKI Jakarta Berikan Edukasi Pencegahan Stunting Pada Masyarakat Kecamatan Senen

Oleh :
Dinar Meidiana
Majelis Kesehatan PWA DKI Jakarta memberikan Sosialisasi dan Edukasi Mencetak Generasi Emas dengan Penurunan Angka Stunting bagi kader dan masyarakat di Kelurahan Kramat, Jakarta Pusat, Kamis (14/09/2023).
Majelis Kesehatan PWA DKI Jakarta memberikan Sosialisasi dan Edukasi Mencetak Generasi Emas dengan Penurunan Angka Stunting bagi kader dan masyarakat di Kelurahan Kramat, Jakarta Pusat, Kamis (14/09/2023). (Foto : KSU/Dinar Meidiana)

Majelis Kesehatan Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) DKI Jakarta menggelar Sosialisasi dan Edukasi Mencetak Generasi Emas dengan Penurunan Angka Stunting bagi kader dan masyarakat di Kelurahan Kramat, Jakarta Pusat, Kamis (14/09/2023). Kegiatan ini merupakan tindak lanjut Orientasi Kader Gerakan Anak Sehat pada 30 Agustus 2023.

Baca juga : Pimpinan Wilayah Aisyiyah DKI Jakarta Gelar Pra Rakerwil

Gerakan Anak Sehat bertujuan meningkatkan status gizi balita untuk pencegahan stunting melalui pemenuhan asupan gizi dan praktik pemberian makan keluarga serta peningkatan keterlibatan multipihak. Pimpinan Pusat Aisyiyah dipercaya menjadi salah satu mitra pelaksana program.

Kecamatan Senen, Kelurahan Paseban, dan Kramat, merupakan lokasi pilot project yang dimandatkan kepada PWA Aisyiyah. Ketua Majelis Kesehatan PWA DKI Jakarta Miciko Umeda, S.Kp., M.Biomed., menerangkan bahwa ketiga lokasi tersebut memiliki risiko stunting yang cukup tinggi di wilayah Jakarta Pusat.

“Risiko stunting tergambar cukup tinggi. Jangan sampai faktor risiko membuat kasus stunting menjadi bertambah. Anak harus sehat karena untuk menciptakan Generasi Emas 2045 membutuhkan anak yang kuat fisik dan psikologi,” ungkap Miciko saat memaparkan materi sosialiasi di Aula Lantai 4 Kantor Kelurahan Kramat, Senen, Jakarta Pusat.

Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIK UMJ) ini menekankan agar para orang tua dapat menyesuaikan isi piring anak-anak dapat memenuhi gizi seimbang. Menurutnya, isi piring tidak perlu mahal melainkan yang terpenting memenuhi gizi seimbang terdiri dari karbohidrat, protein, mineral dan vitamin.

Kader dan masyarakat Keluarahan Kramat mengikuti Sosialisasi dan Edukasi Mencetak Generasi Emas dengan Penurunan Angka Stunting di Kantor Kelurahan Kramat, Jakarta Pusat, Kamis (14/09/2023).

Pencegahan stunting melalui program GRASS (Gerakan Aisyiyah Sehat) diterangkan Dr. Hirfaturrahmi bahwa menyasar akar rumput untuk percepatan penurunan stunting. Beberapa program yang dilakukan ialah adanya kader yang diberdayakan di lokasi untuk mendampingi para orang tua memantau tumbuh kembang anak.

Selain itu hadir pula dua narasumber lainnya yaitu dari Majelis Kesehatan PWA DKI Jakarta dr. Tuti Kurniati, M.Kes., AAK., dan Puskesmas Kelurahan Kramat dr. Liesthia Fidelia. Seluruh narasumber menekankan upaya pencegahan stunting yang dilakukan secara kolaborasi antara pemerintah dan Aisyiyah dapat dilaksanakan oleh para orang tua.

Para orang tua diberikan pemahaman tentang gejala dan pencegahan stunting yang dapat dilakukan dengan bahasa yang mudah dipahami. Selain itu juga edukasi dilakukan dengan pendekatan nilai agama yang memperlihatkan perintah Allah dalam Al-Qur’an pada hambaNya agar menciptakan generasi terbaik.

Ketua PWA DKI Jakarta Dra. Syamsidar Siregar, S.IP., menjelaskan bahwa Aisyiyah memiliki perhatian pada upaya percepatan penurunan stunting yang dilakukan melalui banyak program di antaranya Rumah Gizi Aisyiyah.

Dalam sambutannya, Syamsidar menerangkan bahwa Rumah Gizi Aisyiyah memberikan konsultasi kesehatan gizi dan fasilitas pendeteksian tumbuh kembang anak. “Kegiatan ini tidak berhenti di sini karena kader yang ada di Kelurahan Kramat akan mendampingi orang tua dalam upaya pencegahan stunting. Satu kader untuk 10 orang,” ungkapnya.

Kegiatan ini dihadiri Camat Senen Ronny Jarpiko, serta diikuti oleh 15 orang kader pendamping dan puluhan masyarakat Kelurahan Kramat.

Editor : Budiman

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/