LPP-AIK UMJ Gelar Pembinaan Beasiswa Hafizh

Oleh :
Mutiara Halimatu's Sadiyah
Pembinaan Penerima Beasiswa Hafizh UMJ
Warek IV UMJ, Dr. Septa Candra, S.H., M.H., (tengah) dalam kegiatan pembinaan mahasiswa penerima beasiswa Hafizh Al-Qur’an, di Gedung Perintis I UMJ, Selasa, (12/09/2023).

Lembaga Pengkajian dan Penerapan Al-Islam Kemuhammadiyahan (LPP-AIK) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menggelar pembinaan mahasiswa penerima beasiswa Hafizh Al-Qur’an. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendata kembali peningkatan hafalan Qur’an para penerima beasiswa, di Gedung Perintis I UMJ, Selasa, (12/09/2023).

Baca Juga : LPP AIK UMJ Lakukan Upgrading Dosen dan Evaluasi Pembelajaran

Ketua LPP-AIK UMJ, Drs. Fakhurozi, MA., menjelaskan kegiatan pembinaan ini merupakan ruang diskusi yang bertujuan untuk mengetahui perkembangan penghafal Qur’an. “Tahfiz UMJ harus berkembang, seperti dari 3 juz menjadi 5 juz hingga nanti bisa 30 juz. Sehingga para tahfiz bisa menjadi satu kesatuan yang memberikan warna untuk UMJ,” ujar Fakhurozi.

Lebih lanjut, Fakhurozi menyampaikan adanya kerja sama antara LPP-AIK UMJ dengan yayasan penghafal Qur’an milik Ustaz Adi Hidayat. Nantinya, para penerima beasiswa hafiz UMJ mendapat mentoring hafal 30 Juz Qur’an dengan metode menghafal At-Taisir milik Ust. Adi Hidayat, sehingga mampu menjadi mentor untuk mahasiswa di fakultas masing-masing.

“Ini sesuai dengan program kampus Islami yang sedang dituju UMJ. Dan para peserta diharapkan dapat menjadi duta kampus Islami,” imbuhnya.

Hal yang sama dituturkan Wakil Rektor IV UMJ, Dr. Septa Candra, S.H., M.H., yaitu UMJ berkomitmen dengan peraturan universitas untuk memberikan beasiswa kepada penghafal Qur’an. Menurut Septa, sangat mungkin dalam kurun waktu empat tahun, mahasiswa dapat menghafal 10 juz.

“Kita ingin ke depannya kalau hafiz UMJ semakin baik dan semakin fasih, kita buat branding kalau kampus UMJ adalah kampus penghafal Qur’an sehingga ada banyak aktifitas pengajian, dan menghafal Qur’an di setiap fakultas. Kami berharap dengan pembinaan seperti ini, LPP-AIK punya data dari tahun ke tahun dan ada peningkatan hafalan. Minimal satu tahun itu 1 juz,” ujar Septa.

Terdapat 69 mahasiswa penerima beasiswa hafiz Qur’an dari berbagai fakultas. Adapun bentuk pembinaan penerima beasiswa hafiz UMJ yaitu mahasiswa wajib menjadi mentor AIK di setiap fakultas, evaluasi hafalan Al-Qur’an, mentoring dan pengajian, menjadi duta kampus Islami, serta aktif dalam setiap kegiatan Islami. Kegiatan ini diadakan secara daring dan luring, dengan dihadiri oleh 52 peserta.

Editor : Budiman

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/