Kemenpora Ajak Mahasiswa UMJ Jadi Pengusaha Muda

Oleh :
Nadiva Rahma
Pelaksanaan Kuliah Umum Kewirausahaan dengan tema Menuju Mahasiswa Mandiri Dengan Menjadi Wira Muda Sukses Melalui Strategi Business Model Canvas oleh Kemenpora RI bersama UMJ di Auditorium FEB UMJ, Rabu (13/09/2023). 0

Kementerian Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menggelar kuliah umum kewirausahaan di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) dengan tema Menuju Mahasiswa Mandiri Dengan Menjadi Wira Muda Sukses Melalui Strategi Business Model Canvas di Auditorium FEB UMJ, Rabu (13/09/2023).

Baca Juga : MENPORA: Muhammadiyah Banyak Beri Kontribusi Pada Negara

Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari kerja sama antara UMJ dengan Kemenpora RI yang bertujuan untuk meningkatkan jiwa wirausaha di kalangan mahasiswa dengan menghadirkan narasumber berkompeten yang merupakan praktisi wirausaha muda. Kegiatan secara resmi dibuka oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI, Dr. Raden Isnanta, M.Pd., sekaligus memberikan motivasi kewirausahaan kepada mahasiswa.

Rektor UMJ, Prof. Dr. Ma’mun Murod, M,Si., mendukung terselenggaranya kuliah umum ini. “Program-program seperti ini saya kira menjadi niscaya karena setelah selesai kuliah, mahasiswa dituntut untuk bisa cepat mengabdi kepada bangsa dan negara. Selain kegiatan yang digelar oleh Kemenpora, kita juga menyelenggarakan job fair dan pelatihan soft skill yang diharapkan dapat menunjang mahasiswa untuk meningkatkan skill yang dimiliki. Kami berharap kerja sama ini bisa berlanjut dengan Kemenpora terutama dalam hal olahraga,” pungkas Ma’mun.

“Dengan pelaksanaan kuliah kewirausahaan ini, kami ingin mahasiswa dapat menumbuhkan minat, kemudian dibekali dengan orientasi bagaimana strategi bisnis. Harapan kita kedepan adalah tidak terjadi mental block pada mahasiswa, dan dapat beradaptasi dengan perubahan lingkungan,” tegas Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Kemenpora RI, Dr. Ir. Hendro Wicaksono, M.Sc.,Eng. saat ditemui di Auditorium FEB UMJ.

Dilanjutkan dengan pemparan materi oleh Direktur Badan Usaha Milik UMJ (BUMU) yang juga menjabat sebagai Dosen FEB UMJ, Diana Hasan, S.E.,M.M., menyampaikan tentang Business model canvas untuk solusi promosi bisnis yang ringkas dan efektif. Bisnis model Canvas merupakan sebuah tool dalam strategi manajemen untuk menerjemahkan konsep, konsumen, infrastruktur, maupun keuangan perusahaan dalam bentuk elemen-elemen visual.

Bisnis model canvas sebagai strategi dalam manajemen yang berupa visual chart terdiri dari 9 elemen yaitu value proposition, customer relationship, channels, consumer segment, key partners, key activities, key resources, cost structure, dan revenue streams.

Pada kesempatan yang sama, Manajer Pengetahuan Indonesian Consortium for Cooperatives Innovation (ICCI)  Wildansah, menyampaikan tentang Re(i)novasi UMKM. “Bisnis adalah soal kepercayaan. Tingkatan yang paling penting dari sebuah bisnis adalah kerahasiaan. Pergaulan menentukan masa depan. Mulailah pilih-pilih teman karena karir selalu ditentukan oleh orang yang kita kenal,” ujar Wildanshah. Menurutnya, sebagai mahasiswa harus mampu meningkatkan skill, minat dan bakat.

Diakhiri dengan Sharing Succsess Story oleh CEO SMEs PACKS, Endriansyah, yang membagikan pengalamannya menjadi wirausaha di usia muda. Ia mengatakan bahwa sukses di usia muda bukanlah hal yang mustahil. Semua tergantung bagaimana kemampuan kita untuk memanfaatkannya, baik dari segi koneksi, resource dan bagaimana kita memaksimalkan network yang kita miliki. “kita harus punya value dimana kita bisa memvisualisasikan dan mempresentasikannya untuk selalu konektif dengan semua orang,” pungkas Endriansyah.

Kuliah umum ini turut dihadiri oleh Wakil Rektor IV, Dr. Septa Candra, S.H.,M.H., Dosen dan Dekan di lingkungan UMJ serta mahasiswa dan masyarakat umum.

Editor : Budiman

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/