Fakultas Teknik UMJ Gelar Milad ke-60

Oleh :
Mutiara Halimatu's Sadiyah
Milad ke-60 FT UMJ
Perayaan puncak milad ke-60 Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta, di Aula Djoeanda FT UMJ, Selasa, (05/09/2023).

Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FT UMJ) mengadakan perayaan puncak milad ke-60, di Aula Djoeanda FT UMJ, Selasa, (05/09/2023). Acara milad ini juga menjadi ajang peluncuran visi baru FT yaitu menjadi Fakultas Teknik yang unggul dalam pengembangan desain, rekayasa dan inovasi teknologi berdasarkan nilai-nilai islam.

Baca Juga : FT UMJ Pererat Kemitraan dengan UMS

Dekan FT UMJ, Ir. Irfan Purnawan, ST., M. Chem.Eng., menyampaikan di usia ke 60 tahun, FT harus bangkit untuk menuju unggul dan berkemajuan. “Pencapaian ini harus dilakukan bersama-sama bahkan dengan stake holder. Target di tahun depan FT dapat melakukan internasionalisasi dan modernisasi sehingga tentunya harus ada kontribusi dari semua pihak,” ujar Irfan.

Hal serupa diutarakan Wakil Rektor II UMJ, Dr. Ir. Mutmainah, MM. Ia menceritakan perjalannya yang menempuh pendidikan di FT UMJ pada tahun 1989 dan merasakan bagaimana kemeriahan milad FT yang ke-25.

“60 tahun perjalanan bukan waktu yang pendek. Kebetulan saya berada di dalam perjalanan itu. FT pernah mengalami masa emas yang luar biasa, juga masa sakit. Tapi alhamdulillah berkat niat dan daya juang luar biasa, kita mampu melewatinya. Saya berharap kita semua sadar kalau ini rumah kita, maka berjuanglah, tingkatkan etos kerja, rasa syukur, dan kurangi rasa mengeluh. Dengan usia 60 tahun ayo lahir kembali dengan inovasi, dan karya-karya yang mewarnai UMJ,” tutur Mutmainah.

Berdiri sejak tahun 1963, rangkaian acara milad FT ke-60 diawali dengan rapat Senat terbuka. Irfan menjelaskan Indikator Kinerja Utama (IKU) FT yang dalam beberapa tahun mengalami peningkatan, di antaranya jumlah kerjasama dengan institusi lain, penambahan kenaikan jabatan fungsional dosen, persentase mahasiswa yang memperoleh prestasi, dan IKU lainnya.

Wakil Rektor II UMJ, Dr. Ir. Mutmainah, MM., dan Dekan FT UMJ, Ir. Irfan Purnawan, ST., M. Chem.Eng., saat memberikan sambutan perayaan puncak milad FT UMJ ke-60 di Aula Djoeanda FT UMJ, Selasa, (05/09/2023).

Pada kesempatan yang sama, ketua tim Gerobak Armada Listrik (Gematik) FT UMJ yang mendapat dana hibah Matching Fund Kedaireka 2023, Eka Samsul Ma’arif, S.T., M.T., menjelaskan perkembang Gematik. “Alhamdulliah untuk saat ini prototype gerobak sudah jadi, dan di bulan Desember kami akan melakukan pengujian terkait berat massa yang dapat diangkut dan ujicoba baterai. Harapannya bisa lulus uji dan bisa diterima di pasar sehingga tahun depan bisa kita realisasikan terkait komersialisasinya,” ujar Eka.

Kemeriahan puncak acara milad FT juga diisi dengan pemberian penghargaan kepada tujuh dosen FT yang telah menerima gelar doktor, di antaranya Dr. Mohammad Imamuddin dalam bidang ilmu teknik sipil, Dr. Ir. Heri Khoeri, M.T., dalam bidang ilmu teknik sipil, Dr. Ar. Dedi Hantono, S.T., M.T., dalam bidang ilmu doktor arsitektur, Dr. Haris Isyanto, S.T., M.T., dalam bidang ilmu teknik elektro dengan peminatan telekomunikasi, Nelfiyanti, S.T., M.Eng., Ph.D., dalam bidang ilmu manufacturing, Dr. Ir. Umi Marfuah, M.M., M.T., dalam bidang ilmu teknik industri, dan Dr. Wiwik Sudarwati, S.T., M.T., dalam bidang ilmu teknik industri.

Acara dilanjut dengan pemberian hadiah kepada peserta lomba yang diselenggarakan FT sebagai rangkaian acara milad, yaitu lomba FT UMJ sing a song, voli, tenis meja, badminton, cerdas cermat siswa, PS, dan MTQ. Milad ke-60 FT dihadiri oleh dekan FKM, dekan FIK, beserta jajaran wakil dekan, Ketua Senat dan Sekretaris Senat UMJ.

Editor : Budiman

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/