Wamenkes RI Harap Aisyiyah Turut Wujudkan Transformasi Kesehatan

Oleh :
M Zulmi Wijiyanto
Sambutan Ketua Umum PP 'Aisyiyah, Dr. Apt. Salmah Orbayinah,
Sambutan Ketua Umum PP ‘Aisyiyah, Dr. Apt. Salmah Orbayinah, di UNISA Yogyakarta pada Jumat (4/8/23)

Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia Prof. dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD-KEMD., Ph.D., harapkan Aisyiyah turut terlibat dan berperan dalam mewujudkan transformasi kesehatan. Hal ini disampaikannya saat menjadi keynote speaker dalam Rapat Kerja Nasional Pimpinan Pusat Aisyiyah, di Universitas Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta, Jumat (04/08/2023).

Baca juga : Ketua Senat UMJ Bicara Ketahanan Keluarga pada Rakernas LLHPB PP ‘Aisyiyah

Menurutnya permasalahan kesehatan yang ada di Indonesia tidak mampu diselesaikan oleh Kemenkes saja. “Perlu pelibatan lintas sektor, kementerian lembaga terkait, LSM dan sektor swasta termasuk Aisyiyah. Sebagai salah satu organsiasi dan gerakan perempuan dapat melakukan peran dalam mewujudkan dan membantu transformasi kesehatan,” ungkap Dante.

Dante mengatakan hal itu setelah menjelaskan strategi Kemenkes RI melalui 6 Pilar Transformasi Kesehatan yang meliputi transformasi layanan primer, layanan rujukan, sistem ketahanan kesehatan, sistem pembiayaan kesehatan, SDM kesehatan, dan teknologi kesehatan.

“Terakhir saya ingin mengutip perkataan Siti Walidah. ‘Janganlah urusan dapur melupakanmu untuk berjuang di masyarakat.’ Itu sudah diperankan oleh Aisyiyah,” kata Dante seraya iringan tepuk tangan dari seluruh hadirin tamu undangan dan anggota Rakernas PP Aisyiyah.

Sementara itu Ketua Umum PP Aisyiyah Dr. Apt. Salmah Orbayinah, M.Kes., menyoroti lonjakan jumlah angka kelahiran di Indonesia yang berpotensi menimbulkan masalah demografis seperti pengangguran, kriminalitas, pendidikan yang buruk, kemiskinan, kerawanan sosial, kekurangan gizi yang stunting di Indonesia.

“Seiring peningkatan jumlah usia lanjut berkat meningkatnya pelayanan kesehatan yang baik, gaya hidup yang sehat, dan juga faktor-faktor lainnya. Maka meningkatnya penduduk senior ini bisa juga menjadi beban ekonomi negara terutama yang terkait jaminan dan layanan kesehatan,” ungkap Salmah.

Di satu sisi jumlah penduduk yang besar bisa menjadi modal sosial dan ekonomi yang mengangkat kemakmuran dan kemajuan oleh karena itu Aisyiyah telah berkomitmen untuk melaksanakan dakwah di di segala bidang.

Rakernas ini diikuti oleh Majelis Kesehatan, Majelis Pendidikan Tinggi, Lembaga Penelitian dan Pembangunan ‘Aisyiyah. Turut hadir Ketua Majelis Kesehatan Dr. Warsiti, S.Kp., M.Kep., Sp.Mat., Ketua Majelis Pendidikan Tinggi Prof. Dr. Ir. Siti Muslimah Widyastuti, M.Sc, dan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengembangan Siti Syamsiyatun, M.A., Ph.D.

Turut hadir dalam Rakernas ini, pimpinan dan dosen UMJ yang merupakan pengurus Majelis di PP Aisyiyah, yaitu diantaranya Wakil Rektor II UMJ Dr. Ir. Mutmainah, MM., dan dosen FISIP UMJ Dr. Endang Sulastri, M.Si., Debbie Affianty, M.Si.


Editor: Dinar Meidiana

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/