Pimpin Upacara Peringatan HUT RI, Rektor UMJ Ungkap Jasa Pahlawan Kader Muhamadiyah

Oleh :
Nadiva Rahma
HUT Ke-78 Kemerdekaan RI
Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si. (Rektor UMJ) saat menjadi Inspektur Upacara di Plaza UMJ, pada Kamis (17/08/2023).

Dalam momentum peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI, Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si, memimpin pelaksanaan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih yang diselenggarakan di Plaza UMJ, pada Kamis (17/08/2023).

Baca juga : Peringati HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Rektor UMJ: Pahami dan Hadirkan Pancasila, Jangan Berpikir lagi Negara Islam

“Berlangsungnya upacara ini merupakan wujud rasa nasionalisme dan semangat kemerdekaan kita sebagai bangsa Indonesia,” ujar Prof. Ma’mun saat menyampaikan amanat.

Pada kesempatan itu, Ma’mun juga menjelaskan perjuangkan kemerdekaan Indonesia tak lepas dari jasa dan sumbangsih tokoh-tokoh bangsa yang merupakan kader Muhammadiyah. Mulai dari Fatmawati, Kasman Singodimedjo, hingga Jenderal Sudirman dan nama lainnya yang tidak kalah berjasa.

“Bahkan pada saat itu, Ketua PP Muhammadiyah Ki Bagus Hadikusumo dan Kasman Singodimejo berperan dalam perumusan sila pertama Pancasila,  yang pada awalnya berbunyi ‘Ketuhanan dengan menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya’ menjadi ‘Ketuhanan Yang Maha Esa’,” jelas Ma’mun lebih lanjut.  

Upacara yang diikuti oleh seluruh sivitas akademika UMJ, mulai dari pimpinan, tenaga pendidik, dosen, dan mahasiswa ini berjalan lancar dan khidmat. Seluruh peserta tampak antusias dan berbaris dengan rapi.

Adapun Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang menjadi petugas pada upacara peringatan HUT RI kali ini merupakan siswa-siswi terbaik yang berasal dari SMA Muhammadiyah 25 Pamulang, SMK 1 Muhammadiyah, SMAN 8 Tangsel, SMK Letris 2 Indonesia, SMKN 20 Jakarta, SMKN 41 Jakarta, dan SMAN 87 Jakarta.

“Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka mewujudkan rasa nasionalisme dan kecintaan kita terhadap Indonesia. Kita sengaja mengundang paskibraka yang berada di wilayah Jabodetabek dengan harapan mereka bisa mengukuhkan rasa kebhinekaan dan kesatuan,” ucap Wakil Rektor IV, Dr. Septa Candra, SH. MH.

Dalam rangkaian upacara juga dilakukan  penyerahan Piala Juara 1 Kapolda Cup 2023 kepada Rektor UMJ. Piala diserahkan oleh Persatuan Sepakbola UMJ yang baru saja berhasil meraih Juara 1 KAPOLDA Cup 2023 Mini Soccer Antar Mahasiswa dalam rangka HUT Bhayangkara ke-77 dan Bakti Polri Tahun 2023.

Editor : Tria Patrianti

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/