K.H. Fikri Haikal MZ Bersyukur Jadi Keluarga Besar UMJ

Oleh :
Irhamzah
K.H. Fikri Haikal MZ, S.Ag. mnemberikan ceramah agama pada acara Hari Bermuhammadiyah ke-6 di Masjid At-Ataqwa UMJ Sabtu (05/08/2023)
K.H. Fikri Haikal MZ, S.Ag. mnemberikan ceramah agama pada acara Hari Bermuhammadiyah ke-6 di Masjid At-Ataqwa UMJ Sabtu (05/08/2023)

Pendakwah sekaligus alumni Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta (FAI UMJ) K.H. Fikri Haikal MZ, S. Ag., menegaskan bahwa dirinya bangga menjadi keluarga besar UMJ. Hal ini disampaikan dalam ceramahnya pada acara Hari Bermuhammadiyah (HBM) enam di Masjid At-Taqwa, Sabtu (05/08/2023).

Baca juga : Menebar Islam dengan Gembira di Hari Bermuhammadiyah 6

”Dari hati yang paling dalam, saya bersyukur telah digembleng, ditempa dan dibina di Fakultas Agama Islam UMJ di bawah penanganan pak Azmi, pak Sopa, pak Nas, dan guru-guru saya yang lain. Karakter saya terbentuk melalui UMJ, dan saya bersyukur menjadi keluarga besar UMJ,” ujar K.H. Fikri.

Di hadapan ratusan civitas UMJ, mahasiswa, serta tamu undangan yang menghadiri acara Hari Bermuhammadiyah (HBM) 6, penceramah kondang itu kemudian menyampaikan pentingnya peran guru atau dosen dalam membentuk karakter serta mendidik keilmuan mahasiswa.

Menurutnya, peran penting itu telah dibuktikan oleh UMJ yang mampu melahirkan alumni yang ahli di berbagai profesi. “Dari tahun 90-an, banyak sekali alumni UMJ yang saya yakin potensinya mencapai tingkat regional maupun nasional,” katanya.

Selanjutnya, Ust. Haikal menyampaikan bahwa sebagai warga Muhammadiyah, kebermanfaatan bagi masyarakat adalah hal penting dan paling utama untuk menjadi perhatian. “Kita, sebagai warga Muhammadiyah, telah diajarkan oleh Buya Hamka bahwa hidup tidak hanya sekadar hidup, tapi jadilah bermanfaat. Kerja tidak hanya tentang kerja, tapi bawalah kerja itu kepada hal-hal yang bermanfaat untuk masyarakat,” tegasnya.

Ustaz Fikri menyebut Muhammadiyah memiliki program unggulan dalam bidang dakwah dan pendidikan. Maka UMJ patut mempertahankan serta memompa keunggulan tersebut agar lebih maju dan unggul. “UMJ memiliki beberapa alumni yang menjadi anggota dewan yang apabila diinvestasikan menjadi wadah yang bergerak di seluruh nusantara. Ini mampu memompa semangat Muhammadiyah di setiap provinsi,” lanjutnya.

Hari Bermuhammadiyah merupakan agenda rutin UMJ yang digelar setiap dua bulan sekali. Seluruh fakultas mendapat giliran sebagai penanggung jawab HBM. Kali ini, Fakultas Agama Islam menjadi penanggung jawab HBM 6 dan menghadirkan para alumni. Selain KH. Fikri Haikal hadir pula qoriah internasional Maria Ulfa, S.Ag. dan Mastia Lestaluhu, S.Sy., CPSM., CHS., M.Ag.

Acara dihadiri oleh Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DKI Jakarta, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah di wilayah Jabodetabek yaitu Jaktim, Depok, Kabupaten Bogor, dan Tangsel, serta organisasi otonom. Hadir pula Rektor UMJ Dr. Ma’mun Murod, M.Si., dan para Wakil Rektor, Dekan, dosen, dan mahasiswa di lingkungan UMJ.

Editor : Tria Patrianti

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/