SDI UMJ Gelar Bimbingan Teknis Sistem Informasi Kepegawaian

Oleh :
Kevin Arami
Pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Kepegawaian di Ruang Rapat lt. 3 Gedung Civilization Centre UMJ, Selasa (11/07/2023).

Biro Umum dan Sumber Daya Insani (SDI) UMJ menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Kepegawaian di Ruang Rapat lt. 3 Gedung Civilization Centre UMJ, Selasa (11/07/2023). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh Kepala Tata Usaha (KTU) di setiap Fakultas yang ada di lingkungan UMJ tentang sistem informasi kepegawaian di aplikasi Siakad.

Baca juga : LLDIKTI Wilayah III Gandeng UMJ Lakukan Bimbingan Teknis

Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor II UMJ Dr. Mutmainah, M.M., Kepala Biro Umum dan SDI Ir. Rohman, Kepala Bagian SDI UMJ Bambang Irawan, M.Pd., Kepala PDTI Tauficqurohman, M.Kom., dan turut mengundang KTU Fakultas se-UMJ. Diisi juga oleh Narasumber dari PT. Sevima yang bekerja sama dengan UMJ Adhi Dwi Prasetyo, S.Kom.

Bimbingan teknis ini dilaksanakan tiga hari yaitu tanggal 11, 12, dan 13 Juli 2023. Pada hari pertama membahas tentang bimbingan teknis sistem informasi kepegawaian, hari kedua bimbingan teknis bidang keuangan dan akademik, dan hari ketiga bimbingan teknis sistem informasi kepegawaian biro umum dan SDI, PDTI, dan KTU Fakultas.

Kepala Bagian SDI UMJ Bambang Irawan, M.Pd., mengatakan, “Kegiatan ini dilaksanakan tiga hari, pertama pemaparan sistem secara konseptual dalam perspektif kerja sama dengan PT. Sevima. Kedua, akan ada bimtek bagian akademik dan keuangan. Ketiga, yaitu untuk mereview data dan proses validasi. Dalam kepegawaian UMJ untuk tenaga pendidik dan penunjang berjumlah 641 orang, dosen berjumlah 614 orang, dan total keseluruhan 1255 orang. Bagaimana masing-masing unit kerja ini terdatabase di aplikasi Siakad.”

Selanjutnya acarapun dibuka oleh Wakil Rektor II UMJ Dr. Mutmainah, M.M. yang menyampaikan, setelah bimtek ini nantintya KTU Fakultas yang diundang dapat menjelaskan ke fakultasnya masing-masing mengenai sistem kepegawaian ini agar lebih memudahkan.

“Bimbingan teknis sistem informasi ini nantinya untuk digunakan secara optimal, supaya bisa digunakan oleh pegawai dan juga keperluan akreditasi. Untuk menertibkan setiap sistem kepegawaian dan memudahkan untuk mencari data,” ungkap Mutmainah.

 
Wakil Rektor II UMJ Dr. Mutmainah, M.M., (tengah) bersama Kepala Biro Umum dan SDI, Kabag SDI, Kepala PDTI, KTU Fakultas se-UMJ dan Narasumber dari PT. Sevima di Ruang Rapat lt. 3 Gedung Civilization Centre UMJ, Selasa (11/07/2023).

Selain itu ada pemaparan narasumber oleh Adhi Dwi Prasetyo, S.Kom. dari PT. Sevima yang menjelaskan aplikasi Siakad ini merupakan aplikasi untuk mengakses sistem informasi mulai dari kepegawaian, akademik, keuangan, dosen dan lain-lain.

“Semua mode yang ada di Siakad ini sudah terintegrasi dan dari aplikasi Siakad ini sudah terhubung dengan user admin mulai dari kepegawaian, dosen, mahasiswa, keuangan, Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB),” papar Adhi.

Adhi menambahkan bahwa ada banyak fitur di dalam aplikasi Siakad ini, mulai dari pendataan data pegawai (dosen & tenaga pendidik), pencatatan kehadiran (monitoring presensi kehadiran), monitoring kegiatan pegawai, monitoring hubungan kerja (kontrak habis/pensiun), pencatatan cuti dan izin pegawai.

Kegiatan ini berjalan dengan diskusi pemaparan materi oleh narasumber dan tanya jawab antara narasumber dan KTU Fakultas se-UMJ yang diundang dalam acara bimtes ini.

Editor : Budiman

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/