Wakil Rektor IV UMJ Sampaikan Amanah pada Pengurus BEM UMJ 2023/2024

Oleh :
Qithfirul Fahmi
BEM UMJ
Wakil Rektor IV UMJ Dr. Septa Chandra, SH., MH. saat memberikan amanah dalam Pelantikan Kabinet BEM UMJ di Auditorium FIP UMJ, Kamis (06/04/2023).

Wakil Rektor IV Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Dr. Septa Chandra, SH., MH. menyampaikan amanah yang perlu dilakukan oleh pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UMJ, yaitu meningkatkan kepercayaan dan animo mahasiswa untuk aktif di lembaga kemahasiswaan khususnya di tingkat universitas, serta menyusun program kerja sesuai dengan implementasi kepemimpinan yang berdasarkan catur dharma. Hal tersebut dikatakan Septa dalam Pelantikan Kabinet BEM UMJ 2023/2024 di Auditorium Fakultas Ilmu Pendidikan UMJ, Kamis (06/04/2023).

Menurut Septa, sampai saat ini tingkat kepercayaan di kalangan mahasiswa, Lembaga Semi Otonom, Himpunan Mahasiswa, hingga Unit Kegiatan Mahasiswa terhadap BEM dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) UMJ menurun. Oleh karena itu, para pengurus harus melakukan kegiatan yang bersentuhan langsung dengan mahasiswa di tingkat universitas bahkan fakultas, agar antusiasme mahasiswa untuk aktif di lembaga kemahasiswaan kembali meningkat.

Baca juga : Kunjungan DPM dan BEM FH UMJ ke Perguruan Tinggi Islam di Yogyakarta


Lebih lanjut, Septa menjelaskan bahwa program kerja yang akan dijalankan lebih baik sedikit tapi jelas, bervariasi, dan berorientasi pada nilai-nilai seperti yang ditentukan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Selain itu, harus tetap bernafaskan dengan nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.

“Berkaitan dengan Pemilu 14 Februari 2024 nanti, BEM UMJ periode ini akan melewati masa-masa politik. Saya ingin pengurus BEM harus bisa mentukan sikap untuk tidak ikut politik praktis, tapi bisa bersikap kritis. Meskipun tidak mungkin tidak menentukan sikap, tetapi jangan sampai menjadi alat politik praktis yang hanya dimanfaatkan,” ujar Septa.

Sebagai Agent of Change, mahasiswa harus memiliki jiwa kritis dan aktif, seperti menyikapi berbagai persoalan kebangsaan dan politik. Septa menghimbau, BEM UMJ jangan hanya ikut-ikutan saja tetapi menjadi inisiator suatu pergerakan yang menciptakan kritik ke internal maupun eksternal dengan penuh tanggung jawab, salah satunya melalui karya tulis.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Mahasiswa BEM UMJ Sarlin Wagola mengatakan bahwa pengurus BEM UMJ sebagai lembaga tertinggi di universitas, akan bertanggung jawab bersama dalam satu periode ke depan dengan kabinet yang bernama Kabinet Prakasa. Tugas kabinet tersebut adalah bisa memfasilitasi teman-teman mahasiswa dan bekerja sama dengan berbagai instansi serta pimpinan fakultas maupun universitas, untuk menghadirkan kegiatan yang berdampak pada kebermanfaatan bagi sivitas akademika UMJ.

“Begitu juga dengan predikat mahasiswa sebagai Agent of Change. Langkah yang dilakukan kami pun harus berimplikasi kepada masyarakat, sehingga title kita sebagai agen perubahan, sebagai mitra untuk masyarakat akan terus terealisasi,” tutup Sarlin.

Total yang dilantik dalam Pelantikan Kabinet BEM UMJ 2023/2024 yaitu 25 orang. Sebelumnya, pelantikan Presiden Mahasiswa BEM UMJ dan Ketua DPM UMJ oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta Dr. Ma’mun Murod, M.Si., sudah dilaksanakan di Auditorium FIP UMJ, Jum’at (17/03/2023). (QF/MT/KSU)

Editor : Budiman

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/