Drama, Monolog, dan Puisi di Pentas Seni HIMANESIA FIP UMJ

Oleh :
Qithfirul Fahmi
Penampilan drama "Mitos dari Euforia"
Penampilan drama “Mitos dari Euforia” di Auditorium FIP UMJ, Senin (06/03/2023).

Sebanyak 18 mahasiswa yang tergabung di Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (HIMANESIA) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIP UMJ), menggelar drama, monolog, dan puisi dalam pentas seni bertajuk Realisasi Susastra Guna Menanamkan Semangat Bersastra. Kegiatan yang digelar dalam rangka Rencana Tindak Lanjut Latihan Dasar Himpunan (LDH) dan Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) ini, dilaksanakan di Auditorium FIP UMJ, Senin (06/03/2023).

Ketua Umum HIMANESIA Ikhsan Fadilla mengatakan pentas seni tersebut menjadi ajang bagi mahasiswa mengimplementasikan ilmu dari LDH dan LDKM. “LDH sebelumnya sudah terlaksana dengan tema Membangun Regenerasi yang Berjiwa Kesustraan dan Kompeten dalam Berorganisasi. Dari tema ini kita ingin membangun dan melestarikan sastra,” ujarnya.

Baca juga : Pentas Teater Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FIP UMJ

Ia menambahkan bahwa dalam kurikulum yang mahasiswa jalani ada mata kuliah terkait pentas seni. “Kebetulan di Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) ada mata kuliah Pagelaran Sastra di semester lima dan Apresiasi Sastra di semester dua. Tentunya pagelaran ini untuk pembelajaran mahasiswa agar di mata kuliah tersebut tidak kaget lagi dan bisa menjalankannya dengan baik,” pungkas Ikhsan.

Ketua Umum Badan Eksekutif Mahasiswa Gilang Ramadhan mengungkapkan bahwa Rencana Tindak Lanjut (RTL) bukan ajang eksistensi, tetapi menjadi tolak ukur mahasiswa PBSI untuk memiliki kemampuan menyelenggarakan kegiatan. “Setiap himpunan di FIP UMJ memiliki RTL tersendiri dengan ciri masing-masing termasuk HIMANESIA. Ini merupakan salah satu bentuk usaha Prodi serta mahasiswa untuk meningkatkan eksistensi budaya dari segi sastra,” ungkap Gilang.

Kaprodi PBSI Ratna Dwi Kartikasari, M.Pd. berharap para peserta dan penonton dapat menikmati kegiatan pameran sastra yang ditampilkan. Pasalnya, agenda ini diperankan oleh mahasiswa semester dua FIP PBSI termasuk kepanitiaannya.

Ratna Dewi Kartikasari
Ratna Dewi Kartikasari memberikan sambutan di Auditorium FIP UMJ, Senin (06/03/2023).

Sekitar 100 audiens sangat antusias menonton pentas seni hingga akhir. Ali, salah satu pemeran drama menyampaikan rasa senangnya. “Seru banget, karena jadi pengalaman pertama kali pagelaran ditonton banyak orang. Saya harap teman-teman HIMANESIA bisa tetap semangat dan konsiste”, pungkas Ali. (RZ/QF/KSU)

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/